6c2y5xLulMkOYYgEXrgPjC5Lx3Je6RzEo1m3mFkw

Review Sweet Teeth Chinese Drama

Kapan terakhir kali kamu ke Dokter Gigi? Apa yang membuatmu berkunjung ke sana? Apakah karena dokternya yang tampan?

    Nǐ hǎo! Ngomongin Dentist, jujur dulu saya masuk golongan yang hanya ke sana kalau gigi sakit. Tolong jangan ditiru karena Insyaallah saya sudah taubat. Awal Juni lalu, saya baru berkunjung, bukan karena sakit. Ketemu Dokter Ganteng dong, hehehe. Ini juga yang dialami oleh Zeng Li dalam Sweet Teeth Chinese Drama.


    Zeng Li, salah satu staf perpustakaan Universitas Dong Hu menyukai kehidupannya yang sederhana. Suatu ketika, Ibunya datang dan khawatir dengan masa depannya yang di usia 26 tahun tak kunjung mendapatkan pacar. Zeng Li pun diajak berkunjung ke Dentist untuk merapikan giginya karena Ibunya berpikir mungkin itu yang menyebabkannya jomblo.

    Karena kesalahpahaman, Zeng Li menolak untuk ditangani Ai Jing Chu, dokter gigi tampan yang berkemampuan luar biasa. Namun sepertinya benang takdir terus mempertemukan mereka. Sebenarnya apa yang terjadi? Mungkinkah cinta antara dokter dan pasien akan bersemi?


Drama: Sweet Teeth
Native Title: 世界微尘里
Also Known As: Sweet on Series, Shi Jie Wei Chen Li , 世界微塵裡
Director: Derek Hui, Liu Han Yang
Screenwriter: Lei Xin Lin, Hao Ru
Genres: Comedy, Romance, Drama, Medical
Tags: Multiple Couples, Sismance, Friendship, Doctor-Patient Relationship, Older Woman/Younger Man, Nice Male Lead, Slow Burn Romance, Adapted From A Novel, Love/Hate Relationship, Shy Male Lead
Country: China
Episodes: 22
Aired: Aug 16, 2021 - Aug 25, 2021
Aired On: Monday, Tuesday, Wednesday
Original Network: iQiyi
Duration: 45 min.
Cast:
Wu Xuan Yi - Zeng Li
Bi Wen Jun - Ai Jing Chu
Zhai Xiao Wen - Liu Yu Cheng
Baby Zhang - Wu Ying
Liu Te - Deng Hao Ran
Wan Zi Lin - Ma Yi Yi
Merxat - Yu Yi
Yang An Qi - Zhou Wen
Fu Jun - Deng Gang
Natalia Zhong - Wu Wan Xia
Xu Nuo Yan - Xu Heng Hang
Chen Yi Jing - [Zeng Li's mother]
Shang Si Qi - Xiao Fang
Hou Tong Jiang - [Ai Jing Chu's grandfather]
William Li - Jiang Rui
Wang Shi Meng - Ai Xiao Gu
Qie Lu Tong - Dou Dou
Yang Kai Cheng - Gu Dong Hai
Wang Dong - [Zeng Li's father]
Zhan Zi Tong - Xia Xia [Yu Cheng's admirer] (Ep. 5)
Qin Hai - Uncle Ai [Ai Jing Chu's uncle]
Li Yun Ao - "Second Cousin"
Shi Ji Yuan - Chen Chen

Sweet Teeth Drama China Review



    Memutuskan nonton Sweet Teeth Drama China ini betulan iseng karena saya ingin nonton The Princess and the Werewolf. Sayangnya otak masih teringat Hidden Love, makanya saya tunda dulu entah sampai kapan. Saya tidak membaca informasi drama ini secara lengkap, hanya melihat episodenya yang berjumlah 22 dan rating yang kata orang bagus. Jadi gas saja deh!

    Sweet Teeth Sinopsis diadaptasi dari novel A Speck Amid the Dust of the World (世界微尘里) karya Mu Fu Sheng (木浮生) tentang 3 orang sabahat yang akhirnya masing-masing menemukan cintanya. Mereka adalah Zeng Li, Ma Yi Yi, dan Wu Ying. Meski punya profesi yang berbeda, tapi mereka selalu kompak, saling mendukung bahkan sama-sama mengelola Carol's Cafe.

Sebenarnya menyukai seseorang bukan hal yang sulit. Awalnya, kita kan selalu dibuat bingung dengan penampilannya. Bahkan lebih sederhana lagi, kita tertarik karena perasaan. Namun jika kau bisa perlahan mengenal dan mendapati kalau dia benar-benar layak untuk dicintai. Perasaan itu sungguh luar biasa


    Kisah cinta pertama ada Zeng Li, 26 tahun, Pustakawan di Universitas Dong Hu. Dia suka kehidupannya yang stabil, seperti tak punya ambisi, sedikit kikuk tapi periang. Menurut Ibunya, gigi Zeng Li kurang rapi sehingga menghambatnya untuk menemukan jodoh. Diajak deh ke dokter gigi yang mana akhirnya ditangani oleh Ai Jing Chu.

    Di awal, Zeng Li ini salah paham karena berpikir bahwa Ai Jing Chu itu mantan kekasih Dou Dou, pegawai di kafenya. Mereka juga bertemu saat ada Nenek yang menghadang Zeng Li. Makanya dia sampai menolak ditangani saat melakukan perawatan gigi. Untungnya enggak lama kesalapahaman itu berakhir dan mereka mulai akur sebagai dokter dan pasien.


    Ai Jing Chu sendiri kehidupannya serba teratur mulai dari bekerja, membaca buku sampai tidur. Bertemu Zeng Li mengubah banyak hal di hidupnya. Dia yang awalnya tidak mengunduh aplikasi lagu, tidak punya WeChat rela belajar hal itu agar bisa berhubungan dengan Zeng Li.

    Sepertinya sudah sama-sama suka dan saling mendukung impian masing-masing, eh ternyata ada rahasia besar. Zeng Li debut dengan novel pertamanya yang ternyata semi kisah nyata. Dia menyukai seseorang di masa lalu dan menunggunya. Masalahnya, laki-laki itu ternyata Yu Yi, teman serumah Ai Jing Chu saat berkuliah di luar negeri. Lalu, bagaimana akhir kisah mereka?

Jadi, jarak setiap orang sebenarnya sangat pendek. Lebih selangkah, kurang selangkah. Hanya sedikit. Dalam hidup ini, dapat menemukan orang yang tepat sangatlah sulit


    Lanjut kisah kedua di Sweet Teeth Chinese Drama datang dari Ma Yi Yi seorang Influencer. Dia selalu mendambakan cinta dan menikah sebelum berusia 27 tahun. Sayangnya, dia diputuskan pacarnya. Daripada menyembuhkan diri, dia selalu mencari pengganti. Sayangnya, dia bertemu dengan orang yang kurang tepat.

    Selain kedua sahabatnya, di sekitar Ma Yi Yi ada Deng Hao Ran, seorang entrepreneur yang juga kakak tiri Zeng Li. Laki-laki itu selalu membantu Ma Yi Yi di saat gadis itu kesulitan. Yang tidak orang tahu, sebenarnya Deng Hao Ran itu mantan pacar Yi Yi saat mereka masih kuliah. Pertanyaanya, kenapa mereka putus? Apakah cinta lama mereka akan bersemi kembali?

Di dunia ini, akan selalu ada seseorang yang menunggumu. Kapan pun itu, tak peduli di mana kau berada, kau pasti tahu, akan selalu ada orang seperti itu


    Terakhir, kisah cinta ketiga di Sweet Teeth Drama ada Wu Ying, seorang Dokter IGD Universitas Dong Hu. Bersifat agak keras dan suka bermain game. Dia kemudian bertemu Liu Yu Cheng, seorang mahasiswa baru dari Malaysia yang menyukai pengobatan tradisional China. Laki-laki muda itu sangat tertarik dengan Wu Ying.

    Karena perbedaan usia yang besar, ada saat di mana Wu Ying ragu untuk menerima Liu Yu Cheng. Dengan semua hal yang terjadi dan pertimbangan besar, akhirnya mereka memutuskan untuk bersama. Masalahnya, ternyata menikah, punya anak itu bukan perkara mudah. Lalu, bisakah mereka melewatinya?

Sweet Teeth



    Sejak memutuskan Nonton Drama China Sweet Teeth, saya memang tidak punya ekspektasi apa-apa. Betulan hanya iseng karena penasaran seperti apa akting Wu Xuan Yi. Di awal-awal episode, saya sempat batin, lucu amat, kaya santai, jalannya mulus banget kisah cinta mereka terutama Zeng Li dan Ai Jing Chu. Baru deh setelah novel terbit, agak mulai mulai memanas karena ada saingannya. Kemudian ternyata tidak banyak hambatan.

    Meski saya merasa plotnya lumayan, tapi jujur saya sempat sebal karena kisah cinta yang lain seperti lebih banyak terutama Wu Ying dan Liu Yu Cheng. Ini mereka paling problematik dan agak nyusahin. Pacaran beda usia, buru-buru nikah, eh pas hamil malah bilang, anak tidak masuk rencana. Lha pakai kontrasepsi dong, Bambang! Kesal sekali!


    Jika menilik judul Sweet Teeth yang mana ada kata GIGI-nya, saya pikir pemeran utama itu Zeng Li dan Ai Jing Chu. Yang lain adalah peran pendukung. Eh setelah membaca detail informasi untuk menulis ulasan ini, ternyata Main Rolenya itu 6 orang alias 3 pasangan. Lha pantesan kisah mereka beriringan. Semua pendekatan, mulai jatuh cinta, sampai jadian juga berengan. Berarti saya yang salah paham, hahaha.

    Mungkin konsep drama ini memang begitu. Meski kata saya, 3 kisah yang mana semua pemeran utama itu jadinya terlalu banyak. Untungnya memang masalah yang mereka hadapi bukan yang serius. Jadi penyelesaiannya juga cepat. Walaupun sempat ada penolakan, tapi semua lancar.


    Jika boleh memilih, di Drama Sweet Teeth 2021 saya jelas suka pasangan Zeng Li dan Ai Jing lalu disusul cinta dan bencinya Ma Yi Yi dan Deng Hao Ran. Harusnya dua ini sudah cukup ya kaya kisah cinta di When I Fly Towards You. Jadi enggak harus semua berpasangan. Ini sih kalau saya yang nulis, hehehe.

Perasaan menurut orang dewasa itu seperti siapa yang berinisiatif, maka dialah yang kalah. Memulai sebuah perasaan sama seperti memulai permainan, sebuah kompetisi. Sudah tertangkap basah, tapi dengan tegas berkata pada diri sendiri, "Dia tak begitu menyukaimu. Aku juga bisa pergi kapan saja". Namun inti dari menjalin hubungan bukankah itu kejujuran? Tidak ada menang atau kalah, juga tak peduli siapa yang berinisiatif dan pasif. Di dunia orang dewasa, kejujuran adalah hal yang paling berharga, juga hal yang paling layak dihargai. Bukan begitu?


    Saya tidak terlalu berpengalaman soal periksa gigi, tapi mengingat terakhir kemarin, rasanya memang nano-nano. Pantas saja Zeng Li khawatir banget bahkan diantar Ibunya masih juga drama. Saya jadi tahu kalau mau memperbaiki gigi, ada yang kudu dicabut juga jika posisinya terlalu rapat. Pemakaian kawat gigi yang biasa dengan yang transparan pun perawatan dan kontrolnya beda. Lucu sih karena hal ini jadi bikin galau Zeng Li dan Ai Jing Chu.

    Untuk pekerjaannya, Zeng Li sebagai penulis jelas kurang lebih sama dengan yang saya alami. Bukan soal kisah cintanya, tapi bagaimana kita mendapatkan inspirasi dari kisah sendiri, apa yang dialami. Kisah nyata ditambah bumbu penyedap. Jadilah tulisan. Namun biasanya saya tetap berhati-hati dan sebisa mungkin tidak memakai nama sebenarnya. Jika suatu saat yang ditulis ternyata orangnya ngeh, tidak terlalu malu atau menimbulkan masalah kaya yang dialami Zeng Li.


    Sebenarnya saya malah tertarik dengan awal mula persahabatan Zeng Li, Ma Yi Yi, dan Wu Ying mengingat mereka ini profesinya berbeda-beda. Saya menduga mereka ini teman sekamar saat berkuliah di Universitas Donghu. Namun entahlah. Andai ini sedikit dibahas. Saya mungkin akan lebih suka daripada detail kisah cinta ketiganya. Ya itu tadi, kebanyakan untuk drama yang hanya 22 episode.

    Untuk Pemain Sweet Teeth, kebanyakan saya baru melihat akting mereka. Saya hanya ngeh beberapa aktor yaitu Liu Te yang bermain di drama My Dear Lady. Lalu Zhai Xiao Wen dan Merxat ternyata pernah bermain di Falling Into Your Smile. Menurut saya, akting dan kemistri mereka lumayan. Kayanya saya paling suka Wan Zi Lin pemeran Ma Yi Yi yang cantik dan badannya eksotis. Pantes deh kalau jadi influencer.


    Secara keseluruhan, saya hanya berani bilang bahwa drama ini lumayan, plot dan konflik juga tidak berat. Jadi bisa tonton dengan santai. Kalau mengingat bagian kisah Zeng Li dan Ai Jing Chu, saya sih suka-suka saja apalagi itu cowok suaranya lembut banget. Lucu gitu karena keduanya juga sama-sama baru pertama kali pacaran. Kisah cinta orang kok manis amat ya. Well kalau mau nonton Sweet Teeth Sub Indo legalnya ada di iQIYI, Viki dan Vidio.

Tiba-tiba menyadari rahasia besar. Di dunia ini mungkin tak ada orang dewasa. Bertambahnya usia memaksa kita menjadi dewasa. Hanya setelah mabuk, saat sendirian, atau di depan orang yang disukai, baru berani menjadi diri sendiri. Kembali menjadi anak yang tak peduli apa pun. Aku sangat berharap, kita bisa menjadi pahlawan yang melalui segala rintangan dan menjadi orang yang dicintai


    Sekian dulu ulasan Sweet Teeth Chinese Drama dari saya. Ada yang sudah nonton? Atau punya kisah menarik saat berkunjung ke dokter gigi? Coba share di kolom komentar ya. Sampai jumpa. Happy blogging!

Sumber informasi dan gambar:
Mydramalist & https://m.weibo.cn/u/5614900197
Related Posts

Related Posts

17 komentar

  1. Aah thank you Jiah jadi ada rekomendasi drama lagi nih. Penggemar drama gula-gula segera merapat ah, toh aku jg punya Vidio 😆🤣

    BalasHapus
  2. Belum nonton dong kayanya drama ni pas dinikmati dgn santai ya jalan ceritanya ga ribet. Makasih reveiwnya jiah

    BalasHapus
  3. Bisa2 grogi berat kalau ke dokter gigi model gitu 😆 kayaknya jadi dewasa tuh sesuatu haha. Pas nikah trus punya anak, nah anak bikin hidup jadi berwarna-warni . Tapi nggak smua siap sih yaa

    BalasHapus
  4. Ada 22 eps dengan durasi sekitar 45 menit yaa, lumayan lah. Unik juga sih ya, Siapa yang ga khawatir kalau udah 26 th tapi flat, ngga ambis, dan zona nyaman banget wkwkwk. Gitu deh yaaa pacarana beda usia, buru2 nikah tapi ngga siap hamil. Ewweee. Ntar deh masuk WL buat nonton pas weekend.

    BalasHapus
  5. Aku juga lagi nonton ini, awalnya sekilas pas lihat iklannya tuh ku kira dokternya si Xiao Zhan ternyata bukan. Ini cerita juga ringan sih menurutku, heheheee

    BalasHapus
  6. Aku pikir sweet teeth tadinya berkaitan dengan gula, Mbak. Hahaha, maklum pengusaha gula aren ya kayak gini. Eh ternyata mengenai kisah cinta dokter gigi dan pasiennya ya. Kayaknya aku juga mau nonton ini nih, tapi Hidden Love belum selesai. Tak selesaikan dulu lah, baru beralih ke Sweet Teeth :)

    BalasHapus
  7. Wah ada 6 main role..3 pasangan dengan kisah beriringan..banyak ya. Tapi kalau kisahnya ribgan sih oke aja..ga pake mikir nontonnya. Suka saya!

    BalasHapus
  8. aduh gemes banget sih aku kalo nonton drama cina yang bikin baper begini, btw aku lagi nonton hidden love

    BalasHapus
  9. Zeng Li dan Ai Jung belum pernah pacaran, seru banget ya. Ternyata ada ya zaman sekarang di luar negeri yang sampai dewasa baru ngerasain pacaran. Sebegitu polosnya. Apalagi kalau orangnya flat datar dan ngk ada ambisi hidup apa-apa.

    BalasHapus
  10. Membaca tentang Gigi jadi ingett ramadhan kemarin ke.dokter gigi nah disuruh kontrol balik lagi selepas ramadhan eeeh ngablas sampai sekarang😭😭

    BalasHapus
  11. belum terlalu suka sama dracin, tapi ku jadi kepo nih ingin nonton sekarang hehe

    BalasHapus
  12. Termasuk Jarang nih kak aku lihat dracin jadi mau tau deh akhir dari Sweet Teeth,

    sama akupun suka sama akting Wu Xuan Yi.

    Btw klo dracin itu pemainnya hampir mirip semua ya susah bedain

    BalasHapus
  13. Aku terakhir nonton drama cina kapten jin judulnya date with the future. Sampai baper deh. Wkkka. Satu rekomendasi dracin lagi yang genre romance nih

    BalasHapus
  14. Drama China Sweet Teeth mengingatkanku akan film Korea "A Year-End Medley" yang kisah cintanya ada beberapa pasangan dan semuanya bahagia dengan jalannya masing-masing.
    Gemeec banget meskipun ada yang gak jadi pasangan yaa..

    BalasHapus
  15. Pantes judulnya sweet teeth, ternyata emang kisah pertamanya ya kisah cinta dokter gigi yaa, ahaha. Tapi kalau kisah cinta dokter gigi gini ingetnya jadi hometown cha cha cha.

    Tapi lucu ya, series dengan 3 kisah percintaan dan kesemuanya seru dan menarik kayanya untuk diikuti :D

    BalasHapus
  16. aku pikir sweet tooth akan banyak bicara tentang kue atau kuliner dan restora gitu mba. Ternyata dentis yaaa hehe

    BalasHapus
  17. Banyak banget drama yang bagus, ini kisah cinta dokter gigi yak... Kepo sih, udah lama juga ggnonton drachin.

    BalasHapus
Komentar saya moderasi. Tinggalkan jejakmu di sini, Teman!