6c2y5xLulMkOYYgEXrgPjC5Lx3Je6RzEo1m3mFkw

Lakukan Hal Ini Ketika Mobil Terbakar di Jalan

Pernah mengalami mobil terbakar di jalan? Apa yang sebaiknya kita lakukan?

    Semua produk yang mengandung bahan bakar minyak tentunya berisiko terjadinya ledakan atau bahkan kebakaran. Hal ini tentu berlaku untuk berbagai jenis kendaraan termasuk mobil karena di dalam tangki terdapat bensin. Selain menyimpan bensin, di mobil juga ada aliran listrik yang bersumber dari aki. Jika terjadi korsleting listrik maka ada kemungkinan percikan api yang juga bisa membakar beberapa komponen. Maka itu, bagi yang sudah memiliki mobil tentunya harus dijaga serta dirawat dengan sangat baik.

lakukan hal ini ketika mobil terbakar di jalan

    Perawatan pada mobil harus dilakukan secara menyeluruh dan bukan hanya bagian tertentu saja. Sebagai contoh, perawatan pada mobil pribadi bukan hanya sekedar ganti oli berkala dan juga service ringan saja. Namun juga setiap komponen yang terpasang di dalam mobil tentu harus dirawat atau diganti jika memang sudah harus diganti. Jika ada orang yang abai dengan berbagai perawatan tersebut, tentu ada banyak risiko atau masalah yang akan terjadi, salah satunya terbakar. Kalau mobil sudah terlanjur terbakar di jalan karena penyebab tertentu maka bisa langsung melakukan beberapa hal berikut ini.

  • Kendalikan emosi
    Hal pertama saat ada indikasi mobil terbakar adalah jangan panik dan tetap tenang serta kendalikan emosi. Dengan mengendalikan emosi, maka pengemudi akan bisa berpikir jernih dan tenang untuk bisa memadamkan api. Jangan terlalu panik karena akan membuat pengemudi sulit berpikir melakukan hal yang tepat.

  • Arahkan kendaraan ke pinggir jalan
    Setelah emosi dikendalikan dan bisa berpikir tenang, selanjutnya adalah keluar dari mobil dan arahkan kendaraan ke pinggir jalan dengan cepat. Selanjutnya adalah mengeluarkan atau mengevakuasi semua penumpang dari dalam ke luar mobil secepatnya. Setelah di dalam mobil tidak ada orang, maka bisa melakukan cara lain untuk segera memadamkan api. Jangan memaksakan tetap menjalankan mobil saat terjadi kebakaran karena berpotensi api yang semakin besar.

  • Matikan mesin
    Saat ada api yang mulai menyala pada beberapa sudut mobil maka jangan menunda untuk mematikan mesin. Tujuannya menghindari letupan api yang masih terjadi di ruang pembakaran. Dengan kondisi mesin yang mati maka akan menurunkan suhu panas pada mobil dan api bisa padam.

  • Padamkan dengan APAR
    Biasanya setiap kendaraan roda empat dilengkapi dengan peralatan yang lengkap termasuk ketika terjadi kebakaran. Salah satu peralatan tersebut adalah APAR yang harus selalu tersedia di mobil untuk bisa langsung memadamkan api. Cara kerjanya cukup mudah yaitu arahkan APAR ke sumber api misalkan di bagian depan kendaraan.

    Selain melakukan hal-hal di atas, jangan lupa juga untuk meminta pertolongan kepada pihak lainnya agar api bisa segera padam. Agar tidak terjadi hal seperti ini maka mobil wajib dirawat dengan baik. Mobil yang pernah terbakar juga tidak layak dijual sehingga bagi yang tertarik beli mobil bekas maka beli di tempat yang tepat seperti platform mobbi. Platform yang pernah bernama mo88i ini memastikan mobil tidak pernah terbakar, anti banjir, dan juga anti kecelakaan. Salah satu model yang menjadi perhatian adalah Fortuner karena spesifikasinya bagus dan juga harga Fortuner bekas bisa lebih murah untuk masyarakat luas.

    Semoga bermanfaat. Sampai jumpa. Happy blogging!
Related Posts

Related Posts

Posting Komentar