6c2y5xLulMkOYYgEXrgPjC5Lx3Je6RzEo1m3mFkw

Template Baru dan Segala Dramanya

Ada yang merhatiin tidak kalau template blog saya berbeda? Gimana, cakep kan? Hehehe

Hai, apa kabar? Semoga dalam keadaan baik dan sehat ya. Sudah mulai menjalankan resolusi-resolusinya? Saya, ya. Salah satunya dengan Template Baru yang ternyata pemilihan dan pemasangan banyak dramanya. 

tip memilih template blog blogspot

Kalian tahu kan berita viral yang akhir-akhir ini muncul? Ada cerita tentang Tiko, Ibu Enny dan rumah mewahnya yang tak terawat. Setelah dibersihkan, jadi kelihatan bagus. Bisa dibilang sama seperti Blog. Rumah Maya ini harus dirawat dan didandani juga biar terlihat menarik.

Bukannya Blog itu yang penting tulisannya ya?

Untuk saya yang sudah cukup lama mempunyai Blog atau saya menyebutnya Anak di Dunia Maya, tulisan atau konten memang penting. Namun, template dan penampilan Blog juga tidak kalah penting. Sama seperti dua sisi mata uang yang tidak bisa dipisahkan.

Urusan konten, saya tidak bisa dibilang jago banget, tapi bisalah buat mengisinya. Untuk template, secara umum diartikan sebagai cetakan desain tampilan blog. Untuk ini, saya masih mengandalkan bantuan pihak lain karena belum bisa membuatnya sendiri.

Cerita mengganti template Blog sampai yang saat ini saya gunakan, ternyata ada dramanya. Menurut saya pribadi, mengganti tema itu tidak bisa asal. Saya harus benar-benar cocok sampai ada semacam bunyi klik. Jadi kadang butuh waktu yang sangat lama untuk bisa melepaskan tampilan dan bayang-bayang yang lama

Alasan kenapa saya mengganti tema blog:


  1. Secara SEO, template yang lama itu kurang bagus. Saya beli akhir tahun 2019 dan memasang semua sendiri. Saya melihatnya indah dan simpel, tapi ternyata setahun kemudian baru saya tahu jika tema tersebut bermasalah. Selain itu, jika dishare ke Twitter, thumbnail tidak muncul
  2. Setelah bertahan 3 tahun, akhirnya makin yakin untuk mengganti karena template salah satu Teman Blogger ternyata sama dengan punya saya. Punyanya versi terbaru dan mungkin lebih update. Karena 2 hal tersebut, seperti yang Kalian lihat, saya benar-benar menggantinya

Butuh waktu seharian hingga saya bisa menemukan template Blogspot yang benar-benar saya sukai. Karena yang lalu dapat tema kurang bagus, maka kemarin saya mencoba mengandalkan Rank Math SEO. Saya memilih beberapa hingga memutuskan satu yang saya beli di tanggal 30 Desember 2022 jelang tengah malam.

Karena begitu antusias, saya langsung check out dan memasangnya di blog. Sedemikian rupa saya coba mengaturnya. Saya cek SEO Score, aman. Sudah happy dong di akhir tahun. Saya pikir begitu, tapi ternyata tidak, hahaha.

Ketika mencoba memasukkan salah satu url postingan di Rank Math, ternyata H1 ada 2. Harusnya secara SEO, tiap homepage itu H1 hanya ada 1. Lalu masalah lain muncul karena saat share ke Twitter, thumbnail tidak terlihat. Makin parah, Google Analytics sudah dipasang tapi tak terdeteksi.

Saya coba mencari tutorial dan berharap bisa menyelesaikan masalah tersebut. Namun nyatanya karena keterbatasan device, saya tidak mampu. Kepala saya berdenyut dan tidak bisa tidur. Setelah solat Subuh, saya coba memejamkan mata. Hasilnya saya demam dan kepala sakit sekali. Akhir dan Awal Tahun, saya resmi sakit ckckck. Ini puncak dari overthinking

Tidak Semua Hal Bisa Saya Lakukan Sendiri Termasuk Urusan Memilih Dan Pasang Template Blog


Sebelumnya, saya punya banyak sekali kekhawatiran baik tentang diri sendiri atau Blog, Anak-anak saya di tahun 2023 ini. Saya berusaha membuat jadwal, namun kenyataanya gagal. Saya ingin meluruskan benang kusut termasuk soal template blog. Saya harus meminta bantuan orang lain yang memang mumpuni.

template blogger seo friendly

Saya minta saran pada Teman-teman di grup, juga lewat jaringan pribadi. Beberapa nama muncul hingga akhirnya saya memilih Mbak Widi. Di akhir tahun kemarin, saya langsung menghubungi dan menjabarkan keluhan saya. Beliau menyanggupi, tapi nunggu tanggal 2 Januari 2023. It's Okay karena saya pun butuh waktu untuk menenangkan diri.

Keluhan saya meliputi masalah H1 karena memang mau yang SEO Friendly, Google Analytics UA, GA4, dan thumbnail. Kelihatannya tidak banyak apalagi saya sudah ganti Template Blog yang menurut saya lebih bagus. Namun lagi-lagi, saya ditampar kenyataan karena menurut Mbak Widi, tema tersebut pengaturan H1-H2 nya parah. Terlalu banyak coding yang harus diperbaiki. Mungkin kurang worth it dan lebih baik ganti template. Masalahnya, apa saya rela?

Saya bukan orang kaya, penghasilan freelance you know kadang naik dan turun. Baru juga beli template blog yang menurut saya harganya lumayan, eh masa harus ganti lagi? Jelas saya menimbang karena belum ada pemasukan, tapi yang membuat terkejut, saya tidak menyesal. Saya kembali ke niat awal untuk memperbaiki Blog, bukan hanya dari tampilannya, tapi juga dalamnya. Maka ya, saya putuskan untuk mengganti template lagi sesuai saran Mbak Widi.

Ada perasaan sedih, itu pasti. Saya hanya berpikir bahwa saya sudah jatuh cinta dengan template blog yang hanya saya gunakan beberapa hari tersebut. Soal uang yang saya keluarkan dan akhirnya tidak terpakai, ya sudah. Mungkin memang itu jalannya. Saya yakin, memperbaiki blog ini tidak akan rugi.

Lalu template yang bagus, itu seperti apa ya?

Kalau dibilang bagus, banyak sih. Masalahnya, banyak juga yang kurang oke dari segi SEO. Menurut saya, Template Blogger yang baik dan benar itu, antara lain:
  • Responsif atau mobile friendly. Jadi tampilannya bisa menyesuaikan device yang sedang kita gunakan
  • Ringan, terdiri dari 2 kolom yaitu postingan dan sidebar yang tidak terlalu lebar
  • Simpel atau sederhana dan tidak warna warni sehingga membuat sakit mata. Yang terpenting lagi, enggak banyak widget yang dipasang. Kalau saya zaman dulu, pasang macam-macam seperti musik, salju sampai blog terasa berat loadingnya. Sekarang baiknya tidak dilakukan ya!
  • SEO friendly atau berstruktur data yang benar. Kalau yang ini, saya hanya tahu Rank Math dan SEO Analysis Tool & Audit Report - Neil Patel. Selengkapnya, lebih baik tanya sama yang ahli dan itu bukan saya

cara pasang template blogger

Cara Pasang Template Blogger


Di sini saya akan memberi tahu langkah-langkah mengganti template blog di Blogspot. Untuk WordPress, silakan cari tutorialnya di tempat lain, hehehe. Ini dia:

  • Siapkan template baru yang akan digunakan. Data harus berformat atau berakhiran .xml
  • Buka dasbor Blogspot
  • Pilih Tema
  • Sesuaikan, pilih Cadangkan template lama untuk berjaga-jaga jika tidak sesuai ekspektasi. Tunggu sampai selesai terunduh
  • Lanjut pilih Pulihkan dan upload template baru. Tunggu sampai berhasil
  • Jika memilih template bawaan Blogspot, tinggal klik tema yang diinginkan, tidak perlu upload tema
  • Pilih Sesuaikan. Ini berfungsi untuk mengganti warna latar, link, tulisan, dan lainnya. Sesuaikan dengan selera kita
  • Setelan Selular. Memilih Selular, berarti tampilan blog akan standar. Memilih Dekstop, maka akan tampil seperti saat di komputer. Jika sudah menggunakan template responsif, maka harus pilih setelan Dekstop karena tampilan akan menyesuaikan perangkat yang kita gunakan untuk melihat blog
  • Pilih Tata Letak untuk mengatur apa yang akan muncul di blog seperti widget, iklan, dan lainnya
  • Jangan lupa untuk memasang kembali Google Analitik dan kode lain yang diperlukan. Biasanya pada hilang, makanya harus dipastikan keberadaannya
  • Selesai deh

Itu dia langkah-langkah dasar mengganti template blog di Blogspot. Walaupun saya sendiri bisa, tapi karena keterbatasan device dan saya memang butuh saran untuk mencari Template Blogger SEO Friendly, maka saya meminta bantuan orang lain. Tidak sempurna, tapi sejauh ini, saya cukup puas dengan hasilnya. Saya sengaja minta diaturkan warna pastel agar serasi dengan akun Instagram Review Drama @jiahaljafara. Terima kasih banyak buat Mbak Widi dan Igniel yang sampai turun tangan sendiri serta sudah berepot-repot ria dengan blog ini.

Lalu kapan sebaiknya kita ganti template?

Balik ke kalian masing-masing sebagai Pengelola Blog. Jika merasa Rumah Maya-nya sudah oke dengan tampilan sekarang, ya cukup. Jika merasa ada yang kurang, coba ganti tema-nya. Tidak harus berbayar karena banyak Template Blogger Gratis.

Memilih Download template Blogger Gratis, ketika memasang, kalian juga wajib melihat tema tersebut responsif atau tidak. Coba deh kalian buka blog, bukan sebagai Admin, tapi sebagai Pembaca dengan menggunakan ponsel. Lihat bagaimana tampilannya. Apakah nyaman dilihat atau tidak. Karena jujur saja, saya menemukan banyak blog Teman-teman Blogger yang saat dibuka dengan smartphone, tampilannya kurang menarik. Mulai dari gambar kebesaran, sampai pemilihan format dasar selular, padahal template sudah responsif. Sayang, beneran deh!

download template blogger gratis

Saya bukan yang pro, tapi saya berusaha memposisikan diri sebagai Pembaca Blog. Saya butuh konten yang bagus untuk dibaca dan juga tampilan blog yang baik, membuat nyaman agar betah berlama-lama di sana. Kalian bisa cek Google Analytics dan lihat device apa yang paling sering berkunjung. Saya yakin sih ponsel. Makanya, tampilan selular harus diperhatikan juga.

Jika kalian tidak punya kemampuan yang mumpuni, tak masalah untuk meminta bantuan orang lain yang lebih pro. Kalaupun kalian memang memilih Download template Blogger Premium Gratis, itu juga tidak masalah. Saya sudah mencoba baik yang free atau berbayar. Yang penting, nyaman untuk Pembaca. Kita menulis untuk orang, tidak untuk Robot, ya kan?

Ya begitulah cerita saya soal template baru ini. Semoga ke depannya membuat saya jauh lebih semangat ngeblog. Masa Rumah Maya yang sudah cakep begini, kok dianggurin? Kan sayang ya?!

Masalah template selesai dan masuk beberapa hari di tahun baru 2023. Hal mengejutkan terjadi karena Blog Saya Dikunci Google. Baru bernapas lho, kok ada saja cobaannya! Kok bisa? Bagaimana ceritanya? Tunggu di postingan selanjutnya ya!

Sampai jumpa. Happy blogging!
Related Posts

Related Posts

11 komentar

  1. Ya ampun,panjang ya kisahnya Jiah. Benar2 perjuangan seorang blogger inih. Rupanya bermula dari template, abis itu dikunci sama Google. Alhamdulillah sudah baik ya sekarang. Tapi penasaran dengan cerita lanjutannya.

    BalasHapus
  2. Aku juga milih thema blog pasang sendiri mbak, bisa seharian karena menyesuaikan ini dan itu. Mana sekarang sepertinya kurang seo friendly krn banyak postingan, jadi lama keindex google

    BalasHapus
  3. Duluu banget aku bisa pasang template blog sendiri. Lama kelamaan udah nggak bisa. Dan kemudian serahkan alias minta tolong pada ahlinya. Dan memang milih template yang SEO friendly tak mudah. Smoga ini yang tepat dan berjaya selalu dengan blognya mba

    BalasHapus
  4. Daku edisi template gretong dari blogspot kak, hehe. Mau yang berbayar templatenya, mikir² dulu, soalnya yang template gretong suka utak-atik juga sih. Takutnya kalau yg berbayar daku utak-atik nanti kelabakan wkwkwk

    BalasHapus
  5. Mirip masalah saya akhir tahun kemarin. Sekitar dua Minggu blog gak bisa diakses. Teman-teman Blogwalking mampir saja jadinya. Saya sih gak masalah Papin template nya. Karena tujuan saya memang asal pembaca nyaman saja

    BalasHapus
  6. Drama template blog emang kerap menghantui bloggers, ya, Mbak Jiah. Aku bisa merasakan gimana galau dan pusingnya Mbak Jiah buat otak-atik template. Tapi kalau udah fix semua rasanya begitu bahagia, ya, Mbak. Anyway, template nya bagus, Mbak. Feminim xixixi

    BalasHapus
  7. Dulu suka otak-atik template sendiri dengan ilmu sekadarnya tapi sekarang sudah nggak kuat. Jadi templatepun saya beli aja di Etsy he he. Tapi yah tetap harus ada penyesuaian di sana sini sih, soalnya memang bukan template yang personalized atau dibuat khusus untuk pribadi. Tapi ya lumayanlah. Tampilan blog jadi lebih clean dan ringan. Memang kalau template blog kenapa2 itu jadi kepikiran ya Mba haha.

    BalasHapus
  8. Dramanya lumayan bisa jadi web series nih Ji hehehee.... candaaa.... Jadi teringat juga blogku udah bertahun2 ya tampilannya gitu terus. Masih suka sih soalnya. Hanya saja tampilan saat dibuka di smartphone memang biasa banget. Template bawaan blogger soalnya, bukan yang responsif gitu kayaknya.

    Alhamdulillah drama template dan blog kekunci sudah teratasi. Semoga tidak menyurutkan semangat ngeblogmu ya Ji.

    BalasHapus
  9. jadi pengalaman dan catatan tersendiri yaa mba untuk template ini. Dari niat mengubah tema jadi panjang ceritanya hehe. But thanks for sharing it mba, jadi kita juga aware dan bisa berhati - hati kalau mengganti template ya

    BalasHapus
  10. I feel you, drama per-template-an emang bikin sakit kepala, tapi bisa sekalian belajar. Dan iya, kalau mentok, minta bantuan lebih bagus, namun jangan lupa tanya juga case itu karena apa dan solusi yang udah dilakukan untuk perbaikannya gimana. Sama satu lagi, jangan lupa core web vital berpengaruh banget dan template blog menjadi kunci paling penting yang mempengaruhi cwv emang

    BalasHapus
  11. Sekarang, orang buka apa aja di gawai HP, so untuk pertempletan 'musti' mobile friendly, tapi soal template atau theme kalau di WordPress ini ikuti mood aja, cuma PR besar ya tentang SEO ...

    BalasHapus
Komentar saya moderasi. Tinggalkan jejakmu di sini, Teman!