6c2y5xLulMkOYYgEXrgPjC5Lx3Je6RzEo1m3mFkw

Bye Ruam Popok, Liburan Tanpa Drama Bikin Si Kecil Bahagia

Jelang akhir tahun dan anak-anak sudah mulai libur sekolah. Siapa yang sudah mengagendakan jalan-jalan? Yang punya bayi atau batita, sudah menyiapkan apa saja untuk bepergian kali ini? Bye Ruam Popok, Liburan Tanpa Drama Bikin Si Kecil Bahagia.
Karena saya masih single, agenda travelling itu sebenarnya suka-suka banget. Namun berhubung liburan sekolah, kadang itu Keponakan yang dari Pati datang. Kalau sudah begitu, biasanya kami jalan tipis-tipis. Paling tidak ya ke pantai atau makan-makan dekat laut yang ada di Jepara.

Saya itu punya 2 Keponakan Batita. Satu berusia 6 bulan, yang satu 26 bulan. Nah yang 2 tahun lebih itu, suka nempel sama saya. Beberapa kali saya bawa pergi main bahkan tanpa Ibunya. Meski begitu, jujur saja kadang saya sedikit deg-degan. Pertama karena dia masih minum ASI. Kedua, khawatir masalah popok si bayi apalagi saat dia mulai merasa tidak nyaman. Apakah diapersnya penuh atau ada masalah lainnya? Maunya sih liburan tanpa drama ruam popok biar anak dan kita bahagia. 

liburan tanpa drama ruam popok

Sejak Keponakan lahir sebut saja namanya El, saya itu ikut membantu merawatnya. Bantu-bantu hal dasar saja seperti menggendong, bersihkan badan, ganti baju, atau bermain dan mengajak ngobrol. Harapannya sih bisa bantu meringankan sedikit pekerjaan Mbak agar dia tidak stres. Habisnya kalau ngasih uang, saya belum mampu, hehehe.

Selain hal tersebut, urusan baju, sabun bayi, mainan, bahkan popok, saya yang sering bantu belikan. Alasannya karena saya yang punya SIM. Jadi bisa ke sana ke mari untuk membeli beberapa keperluan. Tentu saja kadang satu dua kali memilih beli online soalnya barang yang kami pilih tidak tersedia secara offline di Jepara.

Untuk urusan diapers, awalnya Mbak request salah satu produk yang pernah dipakai anak kedua beberapa tahun lalu. Namun karena setiap kulit bayi itu berbeda, jadinya ada saja drama ruam popok apalagi saat bepergian. Kayanya kasus ini sudah jadi kekhawatiran semua Ibu. Lalu, bagaimana cara mengatasinya?


Meski ruam popok itu umum terjadi pada bayi, tapi enggak lucu kalau kita hanya membiarkannya saja. Bisa-bisa anak rewel dan tidur tidak nyenyak sehingga menyebabkan gangguan pada perkembangannya. Penyebab iritasi popok itu banyak mulai dari infeksi bakteri dan jamur, iritasi produk bayi, sampai kulit sensitif, pemakaian popok yang tidak tepat serta terlalu lama dan lain sebagainya. Mengutip dari dr. S.T. Andreas Cristan Leyrolf, M.Ked (Ped), Sp.A, dokter spesialis anak menjelaskan, “Pada umumnya, bayi perlu mengganti popok setiap 3-4 jam sekali. Hal ini untuk menghindari kontak yang terlalu lama dengan urin dan feses yang dapat meningkatkan pH basa pada kulit. Namun, bayi sering merasa tidak nyaman ketika popok yang digunakan terasa penuh dan bocor sebelum waktu mengganti popok. Kondisi ini menyebabkan bayi lebih mudah rewel dan terbangun. Ketika bayi mengalami gangguan saat tidur, maka Ibu juga otomatis akan mengalami hal yang sama karena harus kembali menidurkan bayi.”

Sebagai single dan ada El yang jadi percobaan, jadi saya tentu saja percaya sama pendapat ahli atau dokter spesialis anak. Menurut informasi dari Alodokter, mengatasi dan mencegah ruam popok, ya harus dengan menjaga kulit bayi tetap bersih dan kering. Bisa juga pakai rash cream. Dan yang paling penting, harus rutin ganti serta pilih ukuran popok yang pas untuk bayi dan anak. Jika ruam popok tidak segera diatasi, khawatirnya bukan hanya rewel, tapi ada infeksi lain sampai demam, ruam berdarah atau mengeluarkan cairan. Kalau sudah kaya gini, wajib buat konsultasi ke dokter.

Mengenal MAKUKU Diapers Si #RUAMPOPOKEXPERT


makuku diapers si ruampopokexpert

Saat ngobrol sama Ibu-ibu di WAG yang sudah berpengalaman bawa anak dan persiapan buat liburan, saya pun baru tahu soal MAKUKU. Jujur, ini lumayan terlambat sih, tapi tak masalah karena apa yang saya lakukan sekarang bisa diaplikasikan ketika travelling bersama anak sendiri nanti. Sebenarnya, ini merek diapers apa coba?

Jadi sejak tahun 2020, MAKUKU berdiri sebagai perusahaan yang berorientasi dalam penyediaan kebutuhan berkualitas ibu dan anak. Secara kemasan, diapers ini sama saja dengan popok pada umumnya. Ada informasi produk, ukuran, isi dan lainnya. Bedanya apa? Jelas bahan yang dipakai karena MAKUKU itu popok pertama di Indonesia yang menggunakan teknologi inti struktur SAP.

kelebihan makuku sap diapers slim

Jika di diapers biasa bahannya pulp, maka teknologi SAP atau Super Absorbent Polymer merupakan polymer hidrophilik yang memiliki kemampuan bisa menyerap cairan lebih maksimal. Jadi popok yang memakai SAP itu penyerapannya merata, anti gumpal, tidak ada osmosis serta mengunci cairan dengan baik sampai 500ml sehingga permukaan jadi lebih kering serta lebih ringan dan tipis sampai 1.6mm. Cocoklah ya kalau dipakai anak-anak saat bepergian, berlibur, aktifitas harian dan juga tidur.

Sebenarnya diapers ini ada beberapa jenis seperti MAKUKU SAP Diapers Pro Care, MAKUKU SAP Diapers Slim, MAKUKU SAP Diapers Comfort dan MAKUKU SAP Diapers Balance Care. Masing-masing punya 2 tipe yaitu tipe perekat (ukuran Newborn, S, M) dan celana (ukuran M, L, XL, XXL). Kebetulan saya belinya MAKUKU SAP Diapers Slim ukuran L dengan isi 34 biji. Dan ini merupakan upgrade kualitas dari produk sebelumnya. Jadi sedikit beda ya. Mari kita bedah biar tahu bagaimana kerja popok ini.

MAKUKU SAP Diapers punya 3 lapisan yaitu:

3 lapisan makuku sap diapers slim

  1. Lapisan pertama adalah lapisan permukaan nonwoven fabric hot air, menggunakan permukaan 3D. Keunikannya, desain benjolan ber-struktur hexagonal. Skin-friendly di mana terdapat sirkulasi udara sehingga bisa cepat menyerap urin, mengurangi kelembaban dan ekstra kering. Jadi sangat baik dan bisa mengurangi kontak langsung dengan kulit. Makanya lebih efektif melindungi kulit bayi.
  2. Lapisan Kedua yang merupakan Lapisan inti struktur SAP. Keunikannya ada 5 lapisan inti struktur yang bisa menyerap secara cepat dan merata sehingga bisa mengunci cairan dengan baik dan tidak gumpal. Jadi permukaan lebih kering dan tidak bocor. Dengan ini dapat menjaga pantat bayi tetap nyaman, lembut dan tipis di saat yang bersamaan. Bisa banget mengurangi dan mencegah ruam merah.
  3. Lapisan ketiga yaitu Lapisan bawah anti bocor + kain non-woven biokomponen spunbond saat dipegang rasanya lembut sekali. Lebih ringan dan tipis dengan ukuran 1.6mm. Bagian pinggangnya juga lebih elastis. Ada indikator urin untuk pengingat kita agar segera mengganti popok. Lalu Permukaan Rongga Udara dengan sirkulasi dua arah untuk mengurangi panas dan lembab. Ada tape pembuangan juga, tapi khusus yang tipe celana. Heat-Press Side untuk mengurangi gesekan dan mempermudah saat merobek. Anti bocor samping serta khusus produk newborn dengan desain berbentuk U yang berfungi untuk melindungi tali pusar bayi. Unik banget sih ini.

tipe makuku

Untuk cara pakai MAKUKU SAP Diapers Slim tidak perlu saya jelaskan karena yakin semua orang bahkan yang baru punya bayi pun akan bisa melakukannya. Ada keterangan Front untuk depan. Yang tipe tape juga sama. Jadi jangan khawatir kalau salah. Untuk ukuran sendiri menurut saya, MAKUKU ini agak lebih besar dari popok pada umumnya. Mungkin yang biasa pakai L bisa ke M. Namun terserah kalian karena diapers ini tipis dan kelihatan tidak memakai sama sekali.

Oh iya, mulai tanggal 16 Desember sampai 18 Desember 2022, MAKUKU bersama 10 Rumah Sakit ngasih konsultasi kesehatan gratis buat Ibu dan Bayi di 10 kota besar Indonesia. Kota yang telah dipilih yaitu Jakarta, Tangerang, Karawang, Bandung, Semarang, Surabaya, Medan, Palembang, Lampung, dan Makassar. CEO MAKUKU, Jason Lee tuh bilang kalau komitmen MAKUKU sejak awal tuh memposisikan sebagai "profesional, value delivery, intimate friend" dan bersama-sama dengan orang tua, Ibu di Indonesia untuk menyediakan kebutuhan terbaik buat si kecil.

makuku sap diapers slim

Banyak perempuan yang bisa melahirkan, laki-laki menikah, tapi kadang ada yang tidak benar-benar menjadi orang tua, mengurus dengan serius. Punya anak itu harus dibarengi dengan persiapan fisik, mental, finansial serta pengetahuan soal mendidik dan lainnya. Masalah kesehatan saja banyak yang mencari dari sumber yang tidak valid.

Fakta menyebut ada lebih dari 50% bayi akan mengalami setidaknya satu kali masa dermatitis popok iritan selama fase pemakaian popok. Itulah kenapa Konsultasi Dokter Gratis ini diadakan. Program ini memang diperuntukkan buat mengedukasi Ibu mengenai masalah ruam popok bayi. Yang lebih menyenangkan, Ibu akan didampingi langsung oleh dokter spesialis anak dan spesialis kulit. Jadi bisa Tanya Dokter Gratis.

Buat yang mau tahu Konsultasi Ibu dan Anak, ada 10 rumah sakit yang turut serta dalam program kolaborasi ini, yaitu:
  1. RS St. Carolus di Jakarta
  2. RSIA Bina Medika di Tangerang
  3. RS Lira Medika di Karawang
  4. RS Hermina Pasteur di Bandung
  5. RS Hermina Pandanaran di Semarang
  6. RSIA Putri di Surabaya
  7. RS Mitra Medika Premiere di Medan
  8. RSIA Azzahra di Palembang
  9. RSIA Bunda Asy Syifa di Lampung
  10. RSIA Ananda di Makassar

Meski program konsultasi ini sudah diadakan sejak Agustus 2022, dan tahun ini telah selesai, saya sendiri berharap kalau program kolaborasi MAKUKU, dokter spesialis anak dr. Scorpicanrus Tumpal Andreas Christian Leyrolf, M.Ked (Ped), Sp.A dan dr. Muhammad Yusuf, Sp.OG (K) Onk serta Rumah Sakit di kota akan terus berlanjut. Ini juga jadi langkah awal buat pemangku kesehatan lainnya agar terus melakukan edukasi yang tepat bagi para Ibu dalam dukung kesehatan dan pertumbuhan bayi yang optimal. Kenapa?

Lucky Zheng, Branding Director MAKUKU nyampaiin, "Sebagai Top Brand dalam kategori Diapers Baby Kesayangan dari Mom & Kids Choice Award, peningkatan daya tampung popok pada MAKUKU SAP Diapers Slim dan MAKUKU SAP Diapers Comfort tidak hanya ditujukan bagi peningkatan kualitas tidur yang ideal bagi bayi, tetapi juga untuk menjaga kualitas tidur yang baik bagi Ibu." Ingat ya! Keluarga yang bahagia itu berawal dari Ibu yang bahagia. Jadi lebih baik hindari, antisipasi drama ruam popok selama di rumah, liburan dan lainnya dengan MAKUKU diapers ini. Bagaimana Bapak-bapak? Siap kan? Oh iya, kalau ada masalah dengan kesehatan anak, jangan sungkan untuk konsultasi ke dokter ya!

Untuk mendapatkan diapers terbaik ini, cus langsung akun media sosial dan website MAKUKU:
  • https://instagram.com/makuku.indonesia.official?igshid=YmMyMTA2M2Y=
  • https://www.tiktok.com/@makukuindonesia.official
  • Shopee! makukustore: https://shopee.co.id/makukustore?smtt=0.300996287-1671004547.3
  • Tokopedia. MAKUKU: https://tokopedia.link/DrkvvCEmKvb

anak liburan bebas drama ruam popok

Siap jalan-jalan sambil bawa batita dan anak-anak? Don't worry be happy karena anak akan mudah liburan kalau bebas drama ruam popok. Yang penting sering kontrol diapersnya, jangan sampai terlalu penuh baru diganti. #TakutRuamDiapersUseMAKUKU saja. Ada program "Jaminan Tidak Cocok, Uang Kembali". Namun yakin sih bakal cocok semua. Ingat ya, produk terbaik itu bukan hanya soal harga, tapi kualitas dan kebutuhan juga.

Sekian dulu cerita saya soal pilih-pilih diapers buat si El apalagi sekarang ada rencana mengajak dia liburan. Biar terhindar dari ruam popok gitu. Meski baru coba-coba, tapi tetap saya pilih yang memang terbaik buat si bayi. Biar pun bukan anak sendiri, tapi saya juga mau melihat dia tumbuh dengan baik tanpa drama yang berarti. Kalian sendiri bagaimana? Sudah coba MAKUKU juga? Coba share di kolom komentar ya. Sampai jumpa. Happy blogging!
Related Posts

Related Posts

23 komentar

  1. Betul sekali, punya anak harus persiapan dari segala sisi dan belajar banyak sekali hal baru. Bahkan untuk memilih popok pun orang tua harus belajar berkali-kali hingga menemukan popok yang paling sesuai untuk buah hatinya. Pakai Makuku, insya Allah nyaman dan aman dari iritasi atau ruam popok, ya.

    BalasHapus
  2. Oh, ternyata ini dia solusi mengatasi ruam popok dan iritasi lain pada si kecil. Makuku SAP Diapers menggunakan teknologi terbaru anti bocor dari sisi manapun ya, keren! Pantas aja bayi udah ga rewel lagi karena merasa nyaman. Bisa buat kado juga nih borong yang banyak hehehe.

    BalasHapus
  3. andaikan aku masih punya baby lagi, pasti aku milih popok yang anti iritasi dan ruam, karena bayi kalau udah ruam tuh kasian banget, nangis, rewel, dan merah banget kulitnya, huhhuhu

    BalasHapus
  4. iya nih kalo ruam popok saat liburan anak pasti nggak nyaman
    syukurlah sekarang ada MAKUKU ya untuk jadi popok yang nyaman buat anak biar terhindar dari ruam popok
    fitur anti gumpalnya itu keren banget

    BalasHapus
  5. Lengkap size-nya sehingga bisa di pakai sesuai berat si anak. Makuku sap diapers slim tidak gelembung dan tidak menggumpal

    BalasHapus
  6. aahh, pasti liburan jadi makin asik yaa tanpa drama ruam popok. salah satu manfaat pakai popok Makuku nih, karena teknologinya yang emang gak diragukan lagi, insyaAllah anak akan terhindar dari ruam popok, liburan jadi makin menyenangkan :D

    BalasHapus
  7. Bener banget, kalo anak nyaman mah, termasuk bebas dari ruam popok, liburan jadi bebas drama ruam popok. Huhu soalnya ruam popok ini memang drama banget. Anak rewel, kitanya juga stres. Alhamdulillah ada diapers MAKUKU ini ya. Bisa cegah ruam popok.

    BalasHapus
  8. masalah ruam dan lecet-lecet ini sering banget kejadian waktu anak2 masih kecil karena kurang cocok dengan diaper nya. Untunglah sekarang udah ada Makuku dengan teknologinya yang bisa bikin anak2 lebih nyaman dan terhindar dari ruam yaaah

    BalasHapus
  9. Gak nyaman banget kalau liburan tapi ada drama ruam popok. Rasanya anak rewel plus adaptasi lagi dengan suasana da kondisi di tempat liburan. Sebelum itu semua terjadi, menyediakan popok yang nyaman, senyaman MAKUKU SAP Diapers Slim ini solusi liburan yang terbaik.

    BalasHapus
  10. Jiah keren banget...sudah dapet pelajaran ngerawat anak dr single. Kalau aku dulu, boro2 hihihi. Makanya pas punya bayi bener2 kayak dr NOL.
    Ruam kulit pd bayi mgkin masalah sepele (tentu jika dibandingkan dg penyakit2 yg gawat). Tapi tetep aja bisa bikin bayi rewel dan kalau dibiarkan juga bisa jd parah. Bijak sekali utk pilih diaper yg bagus. Kalau masih punya batita, mau deh coba makuku

    BalasHapus
  11. Ji, kamu apa kabar? itu ponakan pasti seenng ya kalo liburannya no drama drama. sama anakku juga gitu, no drama ruam popok karena makuku keren bisa mencegahnya

    BalasHapus
  12. Ruam popok pada baby memang sangat tidak nyaman ya. Dulu anakku juga alami sehingga cengeng. Wow keren nih ya Makuku,the best product for baby ya

    BalasHapus
  13. ruam popok pada bayi tidak bisa dianggap sepele, memang harus dikonsultasikan ke dokter untuk penanganan lebih lanjut

    BalasHapus
  14. Wah menarik juga nih dengan adanya konsultasi gratis di rumah sakit di Indonesia, termasuk ada di Hermina Pandanaran Semarang. Jiah udah piawai ngurus bayi dong ya, udah sering bantuin mbak saat punya bayi. Bahkan jadi Tante yang sering bantu pilihkan diaper untuk ponakan. Dan pilihan Diapers Makuku udah paling pas nih dengan keunggulan yang ada

    BalasHapus
  15. Wah deket ma ponakan nih kalau ikut ngurusin jg sejak lahir :D
    Masalah popok emang cocok2an yaa. Emag sebaiknya pilih yang berkualitas soalnya ngaruh banget ke kesehatan anak dan tumbuh kembangnya ya.
    Makuku nih lapisanya banyak tapi tetep tipis dan nyaman dipakai oleh bayi yaa.

    BalasHapus
  16. Bocil kalo rewel gegara ruam.popok tuh kasiaannn bgt ya

    ga tega ngelihatnya
    Hamdalah ada solusi jituuu utk ruam.popok ini yah

    BalasHapus
  17. Waktu anak2 masih kecil ngalamin juga kena ruam popok, mereka jadi rewel krn pedih dan gatal tp belum bisa ngomong, sayanya yg panik. Akhirnya ke dokter dikasih salep

    BalasHapus
  18. kasian kalo bayi kena ruam popok, aktifitasnya jadi terganggu dan ibu juga jadi pusingggg... untung ada Makuku yaaaa... mana tipis pun popoknya, aku suka kasian kalo liat bayi pake popok yang tebal gitu

    BalasHapus
  19. Makuku dengan teknologi SAP bisa mencegah ruam popok pada bayi. Untunglah sekarang ada diapers ini, anak bisa lebih nyaman dan anteng dengan pemakaian diapers Makuku.

    BalasHapus
  20. Bikin gk khawatir lagi ya mba pakai MAKUKU yg terbaru SAP Diapers Slim krn teknolog SAPnya mampu menyerap maksimal .. bikin kerinng dn terhindar ruam popok

    BalasHapus
  21. No more drama ruam popok lagi ya mbak, karena memang bikin nyaman anak dan ibu tenang

    BalasHapus
  22. sekarang popok semakin inovatif ya. memudahkan dunia motherhood para ibu. Mengasuh anak jadi lebih mindful

    BalasHapus
  23. Libur tlah tibaaa... hehe. Baik bangey sih, Jiah.. mau bantu-bantu ngurus ponakan dalam banyak hal termasuk saat jalan-jalan. MAKUKU SAP Diapers Slim emang cocok ya kalau dipakai anak-anak saat bepergian, berlibur, aktivitas harian dan juga saat tidur.

    BalasHapus
Komentar saya moderasi. Tinggalkan jejakmu di sini, Teman!