Explore the blog
Kamis, 19 Mei 2022

Review Milly & Mamet

Apa yang kamu bayangkan tentang reuni sekolah? Kenangan bersama guru dan teman? Atau malah sibuk dengan gebetan dan mantan? 

Halo, apa kabar? Semoga tetap dalam keadaan baik dan sehat ya. Btw, Lebaran lalu, Teman Sekolah mengadakan reuni kecil dan halal bihalal sejurusan saja. Karena satu dan lain hal, saya tidak ikut acara tersebut. Berhubung film Indonesia sedang naik lagi, kali ini saya memilih mengulas film dengan tema reuni lewat Milly & Mamet: Ini Bukan Cinta & Rangga. Ada yang tidak asing dengan judulnya?

review film milly mamet 2018

Setelah satu dekade lulus dari SMA, Mamet bertemu kembali dengan Cinta dan Teman-temannya termasuk Milly. Siapa sangka setelah itu, Milly dan Mamet malah jadian dan menikah. Kini mereka punya bayi laki-laki berusia 6 bulan. Ternyata kehidupan rumah tangga tidak selamanya menyenangkan. Banyak yang harus diperjuangkan, dan ada hal yang harus dilepaskan. Akankah mereka bisa melewati masalah ini?

Judul: Milly & Mamet: Ini Bukan Cinta & Rangga
Sutradara: Ernest Prakasa
Produser: Chand Parwez Servia, Mira Lesmana, Fiaz Servia
Penulis: Ernest Prakasa, Meira Anastasia
Penulis skenario: Ernest Prakasa, Meira Anastasia
Perusahaan produksi: Starvision Plus, Miles Films, HOOQ Originals
Tanggal rilis: 20 Desember 2018
Durasi: 101 menit
Negara: Indonesia
Bahasa: Indonesia
Pemeran:
Sissy Priscillia sebagai Milly
Dennis Adhiswara sebagai Mamet
Julie Estelle sebagai Alexandra
Yoshi Sudarso sebagai James
Dian Sastrowardoyo sebagai Cinta
Adinia Wirasti sebagai Karmen
Titi Kamal sebagai Maura
Ardit Erwandha sebagai Robby
Arafah Rianti sebagai Sari/Pembantu Milly
Roy Marten sebagai Pak Sony
Ernest Prakasa sebagai Yongki
Isyana Sarasvati sebagai Rika
Eva Celia sebagai Jojo
Melly Goeslaw sebagai Mamah Itje
Aci Resti sebagai Iin
Dinda Kanyadewi sebagai Lela
Bintang Emon sebagai Somat
Tike Priatnakusumah sebagai Bi Sum
Muhadkly Acho sebagai Hendra
Surya Saputra sebagai Rama
Gebi Ramadhan sebagai Penjual nasi goreng

Review Milly & Mamet: Ini Bukan Cinta & Rangga


Untuk anak yang lahir tahun 2000-an, pasti aneh dengan judul film ini. Milly & Mamet, kenapa bawa nama Cinta & Rangga? Ya karena ini adalah spin-off dari AADC. Belum paham? Sini saya jelaskan!

milly mamet ini bukan cinta rangga

Jadi, tahun 2002 itu ada film hits berjudul Ada Apa dengan Cinta? Singkatnya, AADC ini cerita cinta tentang anak SMA di mana pemeran utamanya adalah Cinta dan Rangga. Nah, Cinta itu punya teman satu geng yaitu Alya, Carmen, Maura dan Milly. Lalu siapa Mamet? Dia teman satu SMA yang naksir berat dengan Cinta. Mamet juga jadi bagian dari perjalanan Cinta mengejar Rangga ke bandara. 

Saya sudah nonton film AADC 1, tapi ya biasa saja dengan Rangga dan Cinta. Mungkin karena waktu itu masih remaja. Saya malah suka karakter Milly Mamet yang terbilang apa adanya. Hiburan banget mereka. Dan ketika muncul film Milly & Mamet: Ini Bukan Cinta & Rangga yang ternyata mereka jadi pasangan, saya jadi penasaran.

Karena lupa dan memang enggak ada bioskop di Jepara, berkat searching di IG dan ketemu Isyana main film, saya jadi tahu bahwa dia juga berperan di Milly & Mamet Movie. Akhirnya kemarin kesampaian Nonton Milly & Mamet Film di Disney+ Hotstar. Sebenarnya sih Kalian bisa nonton juga di Netflix, VIU, Vidio atau WeTV. Mana saja boleh!

Milly & Mamet itu film tentang apa sih?

Sinopsis Milly dan Mamet, seperti yang saya bilang di awal bahwa mereka ini teman satu SMA yang bertemu kembali saat reuni. Saat itu, Milly punya pacar, tapi dia agak cuek. Singkat kata, mereka ngobrol sampai pada Mamet ternyata ambil kuliah jurusan tata boga demi memberi makanan sehat pada ayahnya yang sakit. Milly sendiri bekerja sebagai banker. Dari sana, mereka pacaran dan menikah.

Apakah Kalian pikir Mamet akan jadi chef sesuai passion apalagi ada Milly yang mendukungnya?

 


Tadinya saya pikir begitu, tapi ternyata tidak. Dia menikah dengan Milly yang adalah anak semata wayang. Jadi Mamet membantu bekerja di pabrik konveksi Papa Milly. Sementara itu, Milly resign dari profesinya sebagai bankir agar fokus membesarkan anak.

Masalah muncul saat Mamet berselisih pendapat dengan Papanya tentang bahan pesanan dan memilih resign. Setelah itu, muncul Alexandra yang adalah teman Mamet. Mereka pernah punya impian tentang membuat restoran dan kini akhirnya ada investor. Apakah Mamet akan memperjuangkan mimpinya yang dulu atau kembali bekerja di konveksi demi keluarga? Bagaimana dengan Milly sendiri?

Milly & Mamet, Cerita Keresahan Pasangan Muda


Kata saya, film Milly & Mamet itu menggambarkan keresahan dari pasangan muda antara kehidupan rumah tangga dan karir. Karena sebelum menikah dua-duanya adalah pekerja, jadi butuh banyak kompromi setelah menikah. Dari sisi Milly, dia jadi full time mother yang mengurus anaknya. Lalu Mamet, dia melepas impiannya jadi Chef dan bekerja di pabrik konveksi. Keduanya mengalah untuk sama-sama bahagia.

Ketika kesempatan muncul, Mamet bekerja sama dengan Alexandra di restoran. Biar sama-sama jalan, Milly minta izin ke Mamet untuk bekerja membantu Papanya di konveksi. Saya pikir dari izin akan bertentangan, ternyata aman saja.

Coba saja dulu. Karena kalau enggak dicoba, bagaimana kita akan tahu hasilnya?

 


Masalah lain muncul saat Milly sibuk dengan pekerjaannya. Lalu Milly juga khawatir soal investor dari restoran Mamet. Sudah deh, perang mereka. Apakah akhirnya akan berdamai? Tonton sendiri Milly & Mamet Movie ini.

“Aku nikah sama kamu bukan karena kamu Chef Mamet, tapi karena kamu adalah Mamet”

Masalah Milly dan Mamet ini sebenarnya sering kita jumpai dalam kehidupan berumah tangga. Ada saatnya istri sangat khawatir dengan pekerja suaminya. Lalu ada juga saat suami marah pada istri padahal baru sekali membuat 'salah'. Related dengan pasangan muda sekarang ini. Kuncinya ya kompromi, saling memahami, dan tentu saja komunikasi.

Saya sudah lama tidak melihat akting para pemainnya, tapi saya merasa cerita keresahan mereka cukup sampai di saya. Yang paling saya ingat mungkin Ernest karena dia memainkan 3 peran. Sutradara, penulis, juga pemain. Sebelumnya saya sudah lihat aktingnya di Stip & Pensil serta Cek Toko Sebelah.

nonton film milly mamet

Jika cerita sudah oke, maka ada beberapa hal yang jadi catatan saya tentang Milly & Mamet Movie ini. Pertama, entah mengapa saya kurang sreg di salah satu adegan pembukaan resto Mamet dan di sana ada Milly serta teman-temannya. Milly curhat sama Maura. Di dekatnya ada Cinta dan Carmen tapi terlihat cuek. Mungkin itu memang obrolan dua orang yang sudah menikah, tapi meski Cinta Carmen tidak punya dialog, alangkah lebih baik jika mereka terlihat menyimak.

Lalu catatan kedua, saya tahu film Milly & Mamet: Ini Bukan Cinta & Rangga itu genrenya komedi, tapi kata saya lawakannya ini terlalu banyak. Di rumah, di dua kantor, di restoran juga. Semua tempat ada. Mana karakter Rika dan Lela agak mirip. Ini bisa dikurangi sih dan lebih dalam ke masalah Milly Mamet saja. Namun ya sudahlah. Toh film ini sudah rilis dan tayang sejak tahun 2018. Sudah terlambat jauh mungkin kalau saya mau berkomentar.

Meski begitu, untuk sekadar hiburan, boleh banget nonton film Milly & Mamet 2018 ini apalagi ceritanya cukup realistis. Terus enggak ada karakter jahat yang bikin sebal setengah mati. Jadi bisa santai saja menikmati tiap adegannya. Atau jangan-jangan banyak yang sudah nonton? Coba share pendapat Kalian ya! Sampai jumpa. Happy blogging!

Would you like to comment?

Anisa AE mengatakan...

Bicara soal reuni, hemm lebih ke ajang unjuk kesuksesan biasanya. Eits, untungnya enggak sih asyik aja ketemu teman lama yang tingkahnya masih sama. Wah ini film romance comedy bisa jadi tontonan ringan, nih. Terima kasih reviewnya!

iluvtari mengatakan...

bacanya kulompat2 krn khawatir spoiler, hehe. soale aku baru tau film ini, jd penasaran. btw biasanya yg ada di hotstar gak ada di netflix, dan sebaliknya

Nabilla DP mengatakan...

aku nonton ini belum kelar sih mba.. baru di awal2 aja pas mereka mulai deket. kayaknya nanti coba kulanjutkan lagi deh.. menarik juga lika likunya ya

Dee_Arif mengatakan...

Wah iya, bagus film ini
Nggak cuma bisa nostalgia dengan AADC ya
Tapi juga pasti terhibur dgn katakter Milly dan Mamet ini

Rika Widiastuti Altair mengatakan...

Ikut penasaran sama alur cerita Milly and Mamet ini. Genre-genre film romance comedy ini bisa jadi tontonan pelepas penat. Kudu nonton deh kalau gitu

Maria G Soemitro mengatakan...

wah ada Sissy Priscillia, nonton ah
setuju, saya juga gak begitu suka dengan AADC,
rasanya terlalu overrated
mungkin karena waktu itu dunia film sedang terpuruk ya?

Sri Untari mengatakan...

waktu AADC booming aku kurang mengikuti walaupun nonton. Maklum waktu itu lagi tidak tertarik cinta-cintaan, hahaha. tapi aku tahu siapa saja karakter yg ada di AADC termasuk Milly dan Mamet ini

Komentar saya moderasi. Tinggalkan jejakmu di sini, Teman!