Explore the blog

Mengenal UPS System Beserta Fungsinya



Geoman Electrical DNY provides products such as UPS Systems (uninterruptible power supply) in Singapore, with pre-sales communication with on-time delivery and prompt after-sales support

Senin, 19 April 2021

5 Jenis Minuman Espresso Based

Kamu suka kopi? Kopi jenis apa?

Jika kamu sering pergi ke café, maka pasti tidak asing lagi dengan menu kopi Espresso. Kopi ini termasuk yang paling populer di kalangan anak muda. Banyak yang mengatakan bahwa kopi ini adalah dasar dari kopi lainnya. Memangnya, siapa sangka espresso menjadi tonggak kemunculan berbagai menu kopi di kafe-kafe modern? Ada beberapa jenis minuman berbasis Espresso yang perlu diketahui. Berikut ini adalah 5 jenis minuman kopi espresso based yang perlu kamu ketahui.

5 jenis minuman espresso based

  • Ristretto
Jenis kopi berbasis espresso yang pertama adalah ristretto. Ristretto bisa disebut sebagai salah satu jenis kopi espresso yang populer di kalangan anak muda. Sebenarnya, apa itu ristretto? Ristretto adalah kopi yang isinya hanya setengah dari espresso. Takaran kopi yang digunakan masih sama, meski demikian dosis air yang digunakan lebih sedikit dibandingkan espresso biasa. Ritsretto biasa disajikan dalam cangkir kecil yang ukurannya hanya 15 sampai 20 ml saja. Untuk kamu yang menyukai jenis kopi pekat, maka ritsretto adalah pilihan yang sangat tepat untukmu.

  • Espresso
Espresso adalah pilihan kopi kedua yang bisa kamu coba di café. Tentu saja espresso merupakan versi original dari ‘espresso’, artinya masih belum dikurangi, ditambahi atau dicampurkan dengan bahan-bahan lainnya. Pengertian dari espresso sendiri adalah kopi yang diekstrak menggunakan mesin yang memiliki tekanan tinggi. Hasil seduhan dari mesin ini tentunya tidak main-main. Hasilnya akan sangat kental dan berwarna hitam. Tidak hanya itu, espresso yang asli hasil langsung seduhan akan memiliki crema di bagian permukaan.

Apa itu crema? Crema merupakan busa-busa berwarna cokelat yang memenuhi pemukaan cangkir espresso. Crema juga seringkali dijadikan tolak ukur apakah kopi yang diseduh masih segar atau tidak. Nama espresso sendiri memiliki arti cepat dari bahasa Italia. Karena namanya inilah warga Italia kerap menikmati Espresso dalam waktu yang singkat. Untuk menikmati espresso, barista tidak perlu menambahkan campuran apa pun. Kopi jenis ini disajikan dalam takaran 30 sampai 45 ml saja.

  • Doppio
Doppio merupakan jenis kopi berikutnya yang akan dibahas. Doppio merupakan jenis kopi yang dibuat dengan ukuran dua kali takaran espresso. Biasanya, café akan menyajikan doppio dengan ukuran 60 ml dalam satu cangkir. Nama lain dari doppio ini adalah double shot. Biasanya orang akan menyebut doppio dengan nama double shot. Cukup familiar dengan nama ini bukan?

  • Lungo
Tipe kopi lungo bisa disebut sebagai kebalikan dari ritsretto. Lungo adalah jenis kopi espresso yang menambahkan air dalam takarannya. Berbeda dengan ritsretto yang hanya disajikan dengan ukuran 15 sampai 20 ml, takaran saji dari lungo jauh lebih banyak dari itu. Secangkir lungo biasa disajikan dengan ukuran 130 sampai 170 ml. Waktu yang dibutuhkan untuk proses ekstraksi Lungo tentunya lebih lama dibandingkan kopi lainnya.

  • Cappuccino
Tentunya sudah tidak asing lagi dengan jenis kopi yang satu ini. Cappuccino memiliki buih susu yang lebih tebal dibandingkan latte. Komposisi dari capuccino ini terdiri dari tiga bahan, yakni sepertiga espresso, sepertiga buih susu dan sepertiga susu steamed. Kopi jenis ini biasa dipilih oleh beberapa orang karena lebih ringan dibandingkan espresso biasanya. Rasanya juga lebih manis dan lebih disukai oleh beberapa orang.

Jadi, mana jenis kopi espresso kesukaanmu? Kamu bisa mencoba jenis kopi di atas di café atau restoran. Selamat memilih. Happy blogging!

Would you like to comment?

Tinggalkan jejakmu di sini, Teman