Senin, 18 Februari 2019

# Debat # Kartun

(Tak Mau) Kalah Debat Dengan Anak-Anak

Bismillaahrrahmaanirrahiim.... 

Selamat pagi! Selamat hari Senin! Jangan dibilang tumbenan ya saya posting tulisan di Gorilla Girl and Rawr pada hari Senin, hahaha. Habisnya pagi ini lihat tagar yang trending dari debat kok lucu gitu. 

Memang semalam enggak lihat debat Pilpres, Ji? 



Lihat, tapi sebentar saja. Jam sembilan mata sudah mulai ngantuk. Dan karena enggak ada jadwal ngedrakor, saya memutuskan untuk tidur. Masalah apa saja yang diperdebatkan, saya tidak tahu. 

Dan pagi ini muncul kata Unicorn di timeline. Apakah unicorn itu?


Ada yang menyebutkan ini semacam Yuni (Sarah) + Corn (Jagung). Ada juga yang menyebut temannya Popcorn. Tapi yang betul, Unicorn yang dibahas semalam adalah sebutan yang diberikan buat perusahaan startup dengan valuasi lebih dari US $ 1 miliar. Sampai saat ini, sudah ada empat bisnis rintisan yaitu Traveloka, Bukalapak, Tokopedia, dan Gojek.


Bicara Unicorn, saya sebagai pecinta drama juga film, Tak Mau Kalah Debat Dengan Anak-Anak. Apa sih alasannya? 

Sebagai orang dewasa, rasanya penting sekali untuk terlihat pintar di depan anak-anak. Saat bersama mereka, biar bisa nyambung dalam berbagai pembahasan, kita seolah dituntut untuk menguasai banyak hal termasuk dunia per-unicorn-an. Sebut saja kartun My Little Pony.


My Little Pony: Friendship Is Magic adalah animasi dari Amerika yang ada sejak 2010. Di Indonesia sendiri sudah tayang beberapa waktu yang lalu di GTV dan lumayan hits saat tayang di RTV. Iya, stasiun TV satu ini memang lumayan banyak nayangin kartun. Dan keponakan saya, Sinta suka mantengin chanel ini. 

Dasar-dasar yang harus kita tahu adalah pembagian Pony di kartun ini antara lain:
  • Poni Bumi: Kuda biasa
  • Poni Unicorn: Kuda Bertanduk
  • Poni Pegasus: Kuda bersayap
  • Poni Alicorn: Kuda bertanduk dan bersayap 

Ada 6 Kuda yang jadi pemeran utama dan mereka punya Mane 6 atau Elemen Kedamaian terdiri dari 6 unsur yaitu:
  • Magic (Keajaiban) kepunyaan Twilight Sparkle
  • Loyalty (Kesetiaan) kepunyaan Rainbow Dash
  • Laughter (Tawa) kepunyaan Pinkie Pie
  • Kindness (Kebaikan) kepunyaan Fluttershy
  • Generosity (Kedermawanan) kepunyaan Rarity
  • Honesty (Kejujuran) kepunyaan Applejack 

Untuk pekerjaan masing-masing poni antara lain:
  • Twilight Sparkle sebagai Pemimpin. Kalau ada masalah, boleh banget curhat sama Twilght dan dia akan mencarikan solusi
  • Rainbow Dash sebagai Pengendali Cuaca. Mau hujan, pasas, cus laporan sama si Rainbow
  • Pinkie Pie sebagai Pembuat Pesta, Humor. Kalau mau yang lucu-lucuan, Pinkie ahlinya.
  • Fluttershy sebagai Penakluk Binatang. Mau semut sampai beruang, bersama Fluttershy mereka akan tenang
  • Rarity sebagai Fashion Designer. Ini pembuat baju kuda yang bagus-bagus
  • Applejack sebagau Petani. Kalau urusan bercocok tanam, ngomong aja sama Applejack 

Dan kalian harus ingat bahwa kesemua poni ini berjenis kelamin betina bukan jantan. Ini saja yang pokok ya karena masih ada banyak pony seperti Putri Celestia, Putri Luna, Spike The Dragon, Apple Bloom, Sweetie Belle, Scootaloo dan banyak lainnya. Lebih lengkap bisa cek di Wikipedia.


Banyak yang mencibir bahwa menguasai nama-nama karakter dalama kartun itu bukanlah hal wajib bahkan tidak perlu. Sama halnya dengan aktor atau aktris dalam drama Korea. Sebenarnya tergantung dengan siapa kita akan memulai pembicaraan #DuhGayanya. Tapi ketika kita mulai mendebatkan sesuatu, minimal kita tahu 5 W+1H dari apa yang kita ulik. Dan jujur, saya pun sebenarnya tak terlalu paham soal film barat karena saya memang tidak sering menontonnya. 

Dan daripada bicara makin ngelantur, kalian sendiri sudah hapal berapa nama karakter dari berapa kartun? Saya sih sudah hapal Upin Upin, Spongebob, bahkan Tayo. Berfaedah banget lah hidup ini, hahaha.


Baiknya mari akhiri sampai di sini karena saya mau mipil corn alias jagung. Baru panen nih, tongkol besar dan kabarnya Ibu saya jual dengan harga Rp 6000/kg. Ada yang minat? Japri ya, Kakak! Hahaha!

30 komentar:

  1. Asli lucu banget mbk yang bilang unicorn menghibur banget �� semalam nonton waduh bikin gregetan

    BalasHapus
  2. Duh aku gak tau ada debat capres malah semalem, bukan karen asibuk nonton drakor tapi sibuk dikejar DL yg lain ;-D
    Anakku laki-lai semua jadi aku juga gak pernah nonton My Litte Ponny tapi keponakan yang perempuan suka banget tuh.
    Kalau aku taunya Pascal & Alvin nonton Attack on titan, We Bare Bear, apalagi ya hihihi.

    BalasHapus
  3. Wah anakku juga demen sama little pony mba khususnya Rainbow Dash semua dikoleksi, memang anak jaman now. Soal debat kemarin cuma nonton setengah ga sampai muncul yg unicorn ini hehe

    BalasHapus
  4. saya gak ngikutin debat capres yang tayang di tv tapi ngikutin status pendukung kedua capres di timeline FB, sambil sesekali menimpali, Ji. Salah satunya yang tentang Unicorn itu :)

    BalasHapus
  5. Anakku suka banget sama my little Pony. Dia hafal tuh semua nama-nama kudanya :)

    BalasHapus
  6. HAHAHAHA kirain kamu mau bahas Unicorn-nya Indonesia, Ji. :D Tibake My Little Pony :D
    Tapi yah, kalau kata penggemar unicorn, Little Pony is not one of them. Entahlah bedanya di mana, perasaan mah sama2 punya tanduk ya :D

    BalasHapus
  7. Aku malah lupa ada debat semalam dan tiba-tiba besoknya buka TL FB banyak banget meme tentang gambar littlepony ini hehehe, akupun kepo, tapi sumpah gak ada habisnya ngikutin ini hehehe

    BalasHapus
  8. Wah mba niat banget nulis tokoh2 yg ada di little pony 😍 sy juga suka sama rarity sama twilight sparkle 😁 tapi sy ga ngikutin itu ttg unicorn yg debat capres. Ingin segera mengakhiri debat dgn pemilu ajalah skrg biar ketauan siapa capresnya. Biar ga ada bullying lagi.

    BalasHapus
  9. Tapi sekarang banyak cowonk yang berponi kan, Jiah. Hahahaha.

    BalasHapus
  10. Haha postingan yang renyah banget mbak. Lumayan menghibur daripada pusing liat debat anak2 yang makin panas eh mending nikmati sebiji jagung bakar pasti nikmat, hehe

    BalasHapus
  11. Aduhhh aku gak paham little pony, Ji...
    Kalo karakter kartun lainnya dikit apal deh, upin ipin, dora the explorer, Thomas, sponge bob, Dori, mickey mouse, tom n jerry, eh banyak juga ya, ahahaha
    Aku juga gak nonton debat capres, pas ada event malam itu

    BalasHapus
  12. Hahahha bisa aja nih bund buat artikelnya XD
    Ternyata karakter little pony banyak ya, ujame taunya rainbow dash doang bund.
    Sungguh nambah ilmu baru jadinya hehehe

    BalasHapus
  13. My Little Pony! Yaaaay.. my kids love them sooo much and I do like them as well. Masih banyaak deh koleksi MLP kami

    BalasHapus
  14. Tak semua tahu ttg unicorn, salah satunya aku, dan buatku ya tidak apa2..haha..
    Tapi trims lho Jiah membuatku tahu ttg jenis2 unicorn yg di kartun..hehe.. Jd ntar kalau ponakan centilku ngajak debat aku sedikit PD haha..

    BalasHapus
  15. Postingan yang kekinian hehehe. My Little Pony seperti lagi banyak disukai anak-anak, ya

    BalasHapus
  16. Pertama kali tahu my little pony gara2 keponakan yg nonton di youtube. Eh, tp kayaknya pernah liat jg di TV. Aku ga hafal karakter2nya soalnya anakku ga nonton. Anakku nontonnya Cars, tayo sm doraemon hahaha

    BalasHapus
  17. Wakakakakakk..akhirnya ada yang bahas di blog tentang unicorn, emang gi hot di TL. Para Imers kelabakan bahas unicorn nih..

    Eh2, semalam aku makan jasuke, jagung susu keju loh hahahaa
    Atu lagi kemaren2 ako poto sama kud ponii eeaa,

    BalasHapus
  18. Untungnya anakku laki2 semua. Jadi gak pernah ada bahasan little pony di rumah, apalagi sampe di suruh ngapalin wakakakaak :))

    BalasHapus
  19. Aku di rumah ga punya tipi. Tapi kmrn kami sempet liat debat capres di hotel. Gara2 pompa air ga bisa nyala akhirnya malam2 kami nginep di hotel hahahaha dan nontonlah debat capres ini di tipi hotel

    BalasHapus
  20. Wuiihh jagung-e mlenthes2, penuh banget ya bijinya, enak nih dijadiin jagung bakar.
    Kakak Jiah memang top nih pengetahuan per-kartun-annya, baru tau soal pembagian karakter si poni ini. Kalau keenam unsur tadi, kayaknya dalam diri seorang manusia harus ada semua ya untuk jadi manusia seutuhnya. ;)

    BalasHapus
  21. Gara gara kata unicorn mendadak viral di TV adekku yang gak suka kuda poni jadi suka kuda poni lho dia fikir kuda poni itu mirip sama unicorn. Tiba tiba aja minta perlengkapan sekolahmya diganti serba little pony

    BalasHapus
  22. MasyaAllah salut banget sama kamu mba Jiah hahahahah keren apal semua dan detail banget. Aku tahunya kuda poni cuma warna pink hahahah

    BalasHapus
  23. Drama Unicorn berlanjut di blog Jia...
    Dan kamu memaparkan dengan sangat jelas sekali, Jiaa...

    Love You and the Unicorn girls...
    Hhaaha~

    BalasHapus
  24. Ini mainan anakku semua kak mereka suka nonton filmnya dan waktu fast food mengeluarkan mainan ini mereka rela nabung buat dapat my little pony.

    BalasHapus
  25. Haha lg ramai yah skrg bahas Unucorn gegara debat capres kemarin itu 😁 kalau mainan little pony sih aq juga suka dlu 😊

    BalasHapus
  26. Jiahhhhh... mamak kekinial kali ini.. jagung memang panganan khas negara kita ya.. banyak cara lho menikmati jagung haha.. duh jadi pengen makan jagung juga.. paling sering di sayur bareng bayem jadi sayur bening gitu.. dan kalo lagi males ya beli jagung rebus di abang bajigur haha.. yumcezz

    BalasHapus
  27. Enggak semua little pony adalah unicorn kan ya? Hahaha
    Ini nih emang beneran ngehits kata ini. Kalau pasang hestek pakai kata gini kira2 bisa melambungkan postingan saat nunpang hestek gak ya? Knp aku mikirnya ke sana yaaa

    BalasHapus
  28. Ha...ha, ngakak aku baca postingan ini. Aku hapal upin opin, sopo-jarwo, shiva....sama sering nonton laptop si unyil..

    :-)

    BalasHapus
  29. Endingmu menggelitik. Harga corn di Indonesia adalah harga tertinggi (kabarnya) di dunia. Makanya peternak unggas banyak mengeluh, sehingga harga unggas dan turunannya mahal. Menurutmu gimana, Ji?
    Hayo... Jangan kalah debat lho

    BalasHapus