Jiahjava.com, Keunggulan Pakai Top Level Domain

14.45

Bismillaahirrahmaanirrahiim....

Apa yang biasa kalian lakukan saat waktu senggang? Dengerin musik? Main game, baca buku atau ngeblog?


Ngeblog sekarang ini memang sudah jadi gaya hidup. Mau muda, berumur, Ibu rumahtangga, anak sekolah, orang biasa, pekerja kantoran, bahkan artis juga ngeblog dengan banyak alasan. Misalnya, menyalurkan hobi menulis, curhat, atau menyampaikan opini. Ngeblog sendiri tidak sedikit yang menggunakan platform gratisan. Tapi, banyak juga yang menggunakan Top Level Domain .net atau .com dengan berbagai keunggulannya.

Saya sendiri sudah lumayan lama punya blog. Banyak tulisan yang saya publish tapi jujur saja semua kebanyakan curhat. Saya belum bisa nulis tips ngeblog dan sejenis itu. Paling sekadar review, catatan perjalanan atau menulis hal-hal yang saya suka.

Semua saya mulai dari blog gratisan. Walaupun satu dua kali pernah menghasilkan, saya pribadi enggak langsung mengambil langkah untuk mendomainkan blog-blog saya. Waktu teman-teman memilih domain, saya masih belum yakin untuk mengikuti jejak mereka. Sampai pernah dapat hadiah domain gratis setahun plus hosting, malah saya kasihkan ke teman untuk toko onlinenya.

Beberapa alasan kenapa saya waktu itu belum beralih ke domain dotcom:

  • Tidak yakin bisa bayar tiap tahunnya
Iya, ini alasan yang sangat mendasar. Dulu saya sangat hawatir jika enggak bisa bayar domain dan hosting tiap tahun. Meski kerja, kalau dipikir itu kok ya berat. Masih banyak hal yang harus saya dahulukan daripada blog berbayar.

  • Jika sudah beli domain, bisa enggak saya bertanggungjawab

Saat itu saya belum yakin untuk terus ngeblog. Saya suka menulis tapi jelas modal untuk ngeblog bukan hanya itu. Kerja dari pagi sampai malam, punya waktu sedikit dibagi-bagi. Kerja dan tinggal di daerah yang susah sinyal tambah hawatir enggak bisa ngurus blog.

Selain rutin mengisi blog, yang saya hawatirkan itu tidak bisa saling sapa dengan teman dunia maya. Semua itu kembali pada kesulitan saya buat ngeblog.

Tanggung jawab lain yang mengiringi adalah soal Alexa, DA, PA, dan sejenisnya. Meski saya tidak paham bagaimana hitungannya, tapi mau tidak mau saya harus memperhatikannya. Dan saat itu saya benar-benar masih buta.

Itu semua adalah cerita lalu. Akhirnya dua bulan ini saya sudah mulai menggunakan domain dotcom tepatnya jiahjava.com. Terlambat memang, tapi hati saya sudah mantap. Bagi saya, kesiapan hati dan mental itu sangat penting meski mengambil keputusannya terlalu memakan waktu. Alasan yang melatarbelakangi saya beli domain antara lain:


  • Saya yakin sudah bisa membayar domainnya

Ini bukan karena saya mendadak kaya atau dapat Sugar Daddy ya. Dulu saya pikir jika membeli domain wajib dengan hosting. Ternyata untuk blogspot bisa memakai hosting bawaan. Tapi ada baiknya ya pakai hosting demi segala macam keamanan. Dan ya, saya merasa yakin mampu membayar ditahun-tahun ke depan.

  • Buat semangat ngeblog

Beli domain artinya harus semangat ngeblog dan tanggung jawab dengan segala konten maupun rankingnya. Semua itu jadi satu paket dan saya mau enggak mau harus berjuang lagi dari nol untuk menaikkannya. Dan di blog ini adalah tantangan baru disamping blog saya yang satunya.

  • Buat personal branding
Kalau pakai domain dengan nama kita rasanya lebih personal, unik, khas kita sendiri. Itulah kenapa nama domain yang menjual dan mudah diingat itu penting banget. Bagaimanapun, domain itu investasi jangka panjang dan enggak boleh asal dalam pengambilan nama. Harus tepat dan menggigit.

Kenapa sih harus dotcom atau dotnet? Apa aja keunggulan Top Level Domain dotcom atau dotnet?

  • Lebih umum

Eh, tadi katanya unik, kok jadi umum? Maksud saya itu dotcom atau dotnet lebih internasional bukan pernegara. Lebih gampang diterima di kuping.

  • Lebih mudah untuk mendaftarkan adsense atau mengupgradenya

Ini pengalaman saya pribadi ya. Waktu daftar dan upgrade itu lebih mudah saat pakai dotcom. Tapi ya enggak modal domain saja ya. Ada poin lain yang harus kita miliki tentunya, misal template blog yang sedap dipandang.

  • Lebih dilirik brand

Poin ini jelas banyak orang yang suka dan mungkin bisa jadi alasan utama. Seperti daftar adsense, agar dilirik brand kita harus punya personal branding yang baik dan bisa dipercaya. Setelah ini enggak menutup kemungkinan bahwa job review akan mengalir. Ini artinya kita akan lebih gampang memonitize blog baik dari job maupun adsense.

  • Mudah pendaftaran domainnya
Beli domain dotnet atau dotcom itu enggak usah pakai KTP atau data-data lain seperti ketika membeli domain organisasi atau desa.

Mau beli domain tapi masih bingung di mana belinya?

Bagaimana kalau di dotcomforme?! Di sini lagi ada promo buat beli domain dengan potongan harga 50 ribu. Selain itu, dengan uang 100 ribu kita bisa dapat hosting 500 MB. Asyik kan?!

Caranya mudah. Baca aja di website DotComforMe. Cari nama domain sesuai yang kita mau dan ikuti aja prosesnya. Bila perlu hubungi CSnya untuk bantuan.

Sudah punya domain, apa sih yang harus kita lakukan biar lebih enak dipandang mata bahkan dilirik brand?

  • Pastikan domain lancar diakses

Namanya juga ganti nama, ada yang namanya proses pengalihan. Pengalaman saya, blog ini kadang bisa dibuka kadang error. Jadi saya curhat sama CSnya karena mungkin ada kode yang salah pada DNS.

  • Perbaiki tampilan blog

Ini wajib hukumnya. Perbaikan template bisa gratisan atau berbayar yang agak murah ada lho. Jangan lupa laman about me, disclosure bila perlu dan juga sosial media. Jangan tambahkan gadget blog yang kurang perlu seperti musik, salju, atau boneka. Kita bukan anak alay ya. Lagian, kebanyakan pernak pernik itu bikin berat loading.

  • Pasang Google Analytic

Ini wajib juga. Dengan analitik kita bisa lihat pengunjung blog dengan lebih real.

  • Rutin update blog

Untuk update terserah masing-masing pribadi ya. Kita mau bawa ke mana ini blog. Mau lifestyle, parenting, beauty, gamer, sak karepmu dewe. Jangan lupa untuk tetap menggunakan bahasa yang baik dan belajar SEO juga.

  • Urusin Alexa, DA, PA, dan sejenisnya
Ngeblog emang suka-suka. Tapi, jika ingin dilirik brand, kita harus peduli dengan semua ini. Seperti yang saya bilang di atas. Ini adalah satu paket dari personal branding.

  • Jangan lupa blog walking biar tambah teman dan juga link.

#DotComforBlogging sudah saatnya kita melek dan memberdayakan blog kita untuk sesuatu yang bermanfaat. Namanya ngebranding enggak cukup satu dua hari. Tinggal pinter-pinteran kita dalam ngelola sebuah blog. Memang awalnya ribet, tapi nikmati saja semua prosesnya. Bagaimana dengan kalian?

Begitulah pengalaman saya merasakan keunggulan menggunakan top level domain. Meski baru sebentar karena terlalu lama mikir, semoga kalian enggak ikutan banyak mikir kaya saya. Yuk kita sisihkan sedikit uang kita untuk investasi ke blog. Jangan lupa tetap semangat nulis dan berbaginya. Sampai jumpa. Happy blogging!

You Might Also Like

74 komentar

  1. Wah selamat ya Mbak.... nanti tak coba ah dotcomforme, siapa tau tertarik buat beli domain untuk blog

    BalasHapus
  2. Alasan aku dulu pindah ke dot kom biar makin rajin nulis. Emang sib blom berhasil tiap hari nulis. Tapi jadi ga kaya dulu waktu masih pake blog gratisan yang kalo udah lama vakum bikin blog baru

    BalasHapus
  3. Memang banyak kelebihan dan keunggulan jika memakai TLD.. Ini sudah kubuktikan sendiri.. Selain meningkatkan performa blog juga kita bisa memonetize blog sehingga menghasilkan rupiah.. Alhamdulillah banget..

    BalasHapus
  4. Aku juga mau nyobain buat tld kan bloh gratisanku yg satunya mbak. Ada bnyak mnfaat yg udh diperolehh sihh hheee..

    BalasHapus
  5. Dari kemarin mulai mikir buat pake domain TLD, sepertinya harus segera diseriusin.
    thank you infonya :)

    BalasHapus
  6. Iya mbak terkadang setelah berganti jadi TLD, semangat ngeblog itu jadi membuncah, penginnya nulis trs.. Dan jika ada sponsor ya anggap saja sbg bonus, ya sebagai sebuah proses,terkadang hasil akan berbanding lurus dgn proses sebuah usaha, salah satunya ya ngeblog itu tdi :)))

    BalasHapus
  7. Hmmm, informasi yg menarik Mbak Jiah dan cukup mempengaruhi pemikiran sy yg sebelumnya kurang berminat dg TLD.

    BalasHapus
  8. Memang bener juga, kalau udah ganti jadi TLD, serasa ada kewajiban untuk ngurusin blog lebih maksimal. Soalnya sayang, udah bayar satu tahun he he he

    BalasHapus
  9. Keuntungan paling gede pakai TLD sih ya dapetin jobnya lbh gampang daripada yang tidak TLD. Tapi terpenting sih rutin ngeblognya.

    BalasHapus
  10. saya setelah menggunakan domain .com jadi lebih percaya diri untuk ngeblog dan juga ada peluang untuk dapetin job :D

    BalasHapus
  11. Aku baru 3bln pakai TLD, dan alhamdulillah rejeki mengalir. Pr ny adalah konsisten bikin tulisan yg menarik.
    Betewe selamat ya mba tld ny semangat terus ngblog.

    BalasHapus
  12. Bener banget pakai .com bikin lebih nyaman dan mantep nulisnya plus enak diingat ehehe

    BalasHapus
  13. Saya dulu pertama kali pakai domain krn ikut²an. bbrp blogger (dulu blm byk) pakai jadi pengen krn kesannya canggih, gitu.. ngga ngerti monetize dulu. xixi..

    BalasHapus
  14. Pengen banget bikin blog jadi tld tapi masih galau mau pakai platform yang mana

    BalasHapus
  15. Domain TLD emang bagus mba buat blog, ditambah kalo pake SSL deh...mbah Google makin suka yang ada

    BalasHapus
  16. Aku juga baru ganti mbak domain tld

    BalasHapus
  17. Salah satu alasanku kenapa menTLDkan blog adalah biar konsisten nulis. Kalo ga, ga bakal konsisten ��

    BalasHapus
  18. Iya bener banget mbak. Pakai top level domain memang banyak manfaatnya. Saya jadi semakin mantap pake top level domain juga hehehe

    BalasHapus
  19. kalau aku dulu buat TLD alasannya biar nama blognya nggak panjang banget kalau pas disebutin hahhahaa.. secara kan kalo blm TLD ada tambahan nama tempat kita ngeblog di belakang nama blog kita sendiri :D

    BalasHapus
  20. sama mba akupun sejak blog pake TLD bawaanya lebih semangat ngeblog dari pada masih pake gratisan, dan sedikit banyak semenjak pake TLD jadi belajar DA PA dan alexa juga demi kemajuan blog hehe

    BalasHapus
  21. Saya buat TLD biar rajin ngisi blog mbak, agar selalu mikir sayang spacenya udah dibayar masa gak dipake 😁😁

    BalasHapus
  22. Awalnya memang gak PD yaa...tapi setelah berTLD, malah bisa jadi penyemangat.

    ^^
    Happy blogging!

    BalasHapus
  23. Saya juga masih menimbang-nimbang sampai sekarang.
    Blog ledakan imajinasi saya mau di tld atau tetap free begini ya.

    Kalo pindah ke tld, pengaruhnya ke google search apa ya mbak jiah?

    Jakup Ginting Sinusinga

    BalasHapus
  24. Nice tips, aku masih belajar membenahi blog ku

    Thanks for sharing

    Kandida

    BalasHapus
  25. Aku baru pake .com dan semuanya memang diganti. Dari template dan sebagainya. Katanya itu emang penting banget buat syarat beli domain. Tapi aku sampe sekarang nggak ngerti DA PA dan Alexa rank. Tapi gpp lah. Yg penting tetep nulis dan usaha rutin nulis nya. Biar terbayar domain nya dengan rajin nulis. Hehehe

    BalasHapus
  26. Nah saya juga itu maksudnya! Hehehe, tapi karena kemarin harganya lagi jatuh banget dibawah 25k, langsung transfer deh, Ntah kedepannya masih belum tahu, masih mencari-cari >.< tapi ya emang sih, jadi merasa punya tanggung jawab seorang 'anak' dengan berubah ke TLD :)

    BalasHapus
  27. Iya, Mbak. Dotcom lebih mudah daftarnya. Bandingkan dengan dot id, dot co dot id, duuuh, selain mahal syaratnya juga belibet. 😂

    BalasHapus
  28. wah ikutan lomba nih ya kak mantab deh kak semoga menang di dalam perlombaannya bener tuh domain TLD bisa menambah brandid di blog kita

    BalasHapus
  29. Ah kenapa aku masih males2an ngeblog meskipun sudah dotcom yak

    Soal ga bisa bayar perpanjangan domain pernah ngalamin, akhirnya blognya ilang padahal udah banyak tulisannya :)

    BalasHapus
  30. Sudah 5th aku pindah ke TLD. Awalnya cuma karena kepengin keliatan keren aja. 3 th awal nulisnya angot2an, setahun update cm 12x. Tapi 2th ini puji syukur berkat TLD dan aktivitas ngeblog yg makin konsisten, jadi bisa membayar dirinya sendiri. Pakai TLD meski modal banget, tapi bs melecut semangat utk konsisten nulis dan cari rejeki lewat blog. :)

    BalasHapus
  31. Domain TLD membuat blogger terlihat lebih profesional, namun jangan sampai melupakan konten hehe

    BalasHapus
  32. InsyaaAllah salah satu targetan di awal tahun depan adalah ganti domain .com
    Terimakasih banyak atas sharingnya yaaa kak dan udah buat makin mupeng cepetcepet ganti domain aaaa ></

    BalasHapus
  33. TDL emang banyak untungnya sih hehehe

    BalasHapus
  34. Wkwkw aku udah tld tp smpe skrg belum semangat, krna gk ada yang nyemangatin wkwkw

    BalasHapus
  35. Weee mantap... kalo emg niat serius ngeblog, it's worth lah pake TLD. Smg terus semangad ga tujuan ngeblognya tercapai ya. Aamiin

    BalasHapus
  36. selamat mbk jiah yak, dan semoga makin sukses yak, amin

    BalasHapus
  37. Iya yah ... Jiah dot com sekarang\

    Etapi bukannya sebelumnya memang sudah ganti domain kan? Yang dot id?

    BalasHapus
  38. ajh baca ini serasa pertanyaan ditujukan ke dirisendiri. Blom benerin template blog, blon pasang GA bla bla haha

    *catat

    BalasHapus
  39. Hahaha ... Ini udah menjawab banget sih pertanyaan yang ragu buat segera pindah ke TLD

    Well, aku pertama memutuskan beli domain + hosting itu alasannya : biar rugi kalau ga nulis

    BalasHapus
  40. Aku dulu dikasih teman sekalian promo jualan dia. Dikasih domain plus hostingan gratis

    BalasHapus
  41. Pemula masih banyak takutnya.

    Betul? Yakin?

    BalasHapus
  42. aku baru ganti nih jd TLD. malah komen di postinganku ilang smua :(

    BalasHapus
  43. sayamah jiah dapat domainnya ada yang ngasih.. mau ditolak ga enak.. kan rejeki ya.. kenapa saya milih julayjodotnet? karena emak2 lugu ini berasa pengen jadi mahkluk kekikian.. sekian.. :P

    BalasHapus
  44. Idem! Saya juga sudah mantab niat hijrah ke dot com awal 2017 esok... Kenapa nunggu? Ya krn blm ada duitnya + supaya ada yg diingat...

    BalasHapus
  45. Dulu alesan pengen punya dot com supaya keliatan keren aja wkekwkwk.

    BalasHapus
  46. Kalau sudah sewa DotCom atau DotNet, apalagi sewa hosting sendiri, pasti bakal rajin update blog, soalnya sayang sudah sewa domain atau hosting masa blognya nganggur hehehe

    BalasHapus
  47. gue baru mau 2 tahun sih pake TLD xD

    BalasHapus
  48. benbernavita dot com itu berapa lama ya tld mungkin ada 4 tahunan kali ya..
    hahaha. apa 5 tahun ya. ya intinya lama juga. sudah banyak menghasilkan juga :)
    setuju sama komen wanda dan mas dika, biar ngerasa rugi (pada diri sendiri) kalo nggak nulis karena udah bayar domainnya.

    BalasHapus
  49. Pantasan ji aku ngeklik jiah my id buat baca postingan yang ini nda ada, ternyata ada tld satu lahi yang dot.com hihi

    BalasHapus
  50. memang banyak keunggulanya ya untuk TLD .com dan .net.. salah satunya jadi semangat ngeblog lagi

    BalasHapus
  51. Mau praktekin semua tips buat dilirik, tapi bagian konsisten update Blog itu rada-rada susah ya hihi

    BalasHapus
  52. Wah selamat Mba sudah punya domain baru, semoga lancar dan tambah sukses ngeblognya..jadi termotivasi pengen buat domain.

    BalasHapus
  53. Wuiih udah jadi aja nih buat lombanya. Kece alasannya eike setuju semua tuh. . xixixi semoga menang ya. .

    BalasHapus
  54. aku pindah ke dotcom jadi lebih serius ngeblognya, jadi bertanggung jawab aja karena sudah berbayar masa dianggurin, semoga menghasilkan konten positif

    BalasHapus
  55. Aku mikirin konsep dkk hehe terus pindah dotcom. Semakin kreatif buat diri aku :)
    Good luck yaa mba

    BalasHapus
  56. setuju semua dengan ulasannya jiah, domain memang bisa buat branding ya. siap2 beken nih :)

    BalasHapus
  57. Saya merasakan pengalaman yang sama mba jiah :)

    BalasHapus
  58. Benar banget,awalnya kurang tertarik dengan Alexa, DA dan PA, namun beberapa agensi memberi syarat pada poin ini. Nah, agar bisa dipinang untuk bekerja sama, so, mau tak mau harus banyak belajar, lagi dan lagi. Kapan dan di mana saja!

    BalasHapus
  59. Bener banget, Ji. Banyak keunggulannya, apalagi buat aku yang mau fokus jadi full time blogger. Banyak manfaat, makin pede juga di mata agency. :)

    BalasHapus
  60. Iya nih mbak, jadi makin rajin nulis kalo udah TLD. Rasanya sayang kalo ga diisi soalnya hehee.

    BalasHapus
  61. Buat saya pake TLD juga lebih menguntungkan :)

    BalasHapus
  62. Banyak keuntungan yangs aya peroleh pas pakai TLD, mba. Alhamdulillah lancar job ya :)

    BalasHapus
  63. Saya yang termasuk beli domain buat lebih semangat ngeblog dan sekalian cari uang #keluar matrenya

    BalasHapus
  64. Pakai TLD bikin lebih semangat ngeblog :)

    BalasHapus
  65. Ehh kirain ganti blog.
    Baru ngeh ada yg ini :D

    TLD emang oke banget ya, bisa jadi penyemangat sendiri buat yg udh mulai down ngeblognya :D

    BalasHapus
  66. dilirik brand itu memang sesuatu banget. dengan TLD, ngeblog juga semakin menyenangkan dan bahagia (karena sering dapat job) hihihihi

    BalasHapus
  67. Infografisnya gemesin.
    apalagi yg gambar pertama :D

    BalasHapus
  68. Hihihi keren mbak... Saya juga memutuskan ambil domain sendiri 2014 lalu, dan saya udah nikmatin kelebihanya sekarang :D

    BalasHapus
  69. memang banyak keunggulannya pake TLD itu yaa Jiah, saya juga merasakannya :)

    BalasHapus
  70. aku pingin bgt beralih ke Top Level Domain ... tapi masih blm bisa .......

    BalasHapus
  71. Klo saya januari bsk udah 2 thn

    BalasHapus