6c2y5xLulMkOYYgEXrgPjC5Lx3Je6RzEo1m3mFkw

Kombinasi Menu MPASI Pеrtаmа yаng Tepat Bagi Bayi Berdasarkan Usia

Bismillaahirrahmaanirrahiim....

Ada yang bingung ketika mau mulai mengenalkan makanan pada anak?

MPASI Pertama Untuk Bayi merupakan salah satu makanan tambahan pada bayi selain ASI setelah usia 6 bulan, atau yang biasa dikenal dengan nama makanan pendamping ASI (MPASI). Supaya bayi mendapatkan asupan nutrisi yang lengkap dan tepat, kita perlu memperhatikan menu makanan yang dipilih untuk makanan pendamping ASI si kecil. Lakukan food combining atau kombinasi makanan dengan asupan nutrisi berbeda-beda untuk kelengkapan nutrisi si kecil.



Pixabay

Usia 6 – 7 Bulan
Salah satu asupan nutrisi yang perlu diperhatikan yaitu  asupan karbohidrat. Tetapi, MPASI Pertama Untuk Bayi yang baru berusia 6 bulan sebaiknya tidak langsung diberi karbohidrat kompleks yang membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna seperti beras cokelat, kentang, jagung, ubi dan lainnya. 

Karbohidrat yang tepat diberikan sebagai makanan pendamping ASI untuk bayi siap MPASI berusia 6 – 7 bulan yaitu  karbohidrat sederhana yang terdapat dalam buah-buahan segar. Pilih buah-buahan yang mempunyai kandungan vitamin C dan vitamin A untuk meningkatkan kekebalan tubuh bayi.

Beberapa buah yang bisa kita pilih di antaranya seperti berbagai jenis jeruk, jambu biji atau jambu merah, pepaya, alpukat, melon, semangka, apel manis, pir manis, mangga manis dan juga pisang. Kita bisa mengolahnya dengan cara dihaluskan menjadi bubur dengan campuran air. Untuk hari-hari pertama kita bisa memberi banyak campuran air dan menguranginya sedikit demi sedikit seiring berjalannya waktu dan kemampuan bayi untuk mengunyah.

Usia 7 Bulan+
Baru kemudian di usia 7 bulan ke atas, kita bisa memberikan sumber makanan dari sayuran dan karbohidrat kompleks. Untuk mengenalkan bayi pada cita rasa makanan secara bertahap, hindari dulu sumber protein hewani di awal pemberian MPASI karbohidrat dan sayuran. Tak hanya itu, hal ini juga bisa menghindarkan pencernaan bayi dari kerja terlalu berat karena mencerna pati dari sumber makanan hewani.

Karbohidrat yang bisa kita pilih antara lain adalah nasi (untuk beras merah, rendam dulu 4 jam sebelum dimasak), ubi jalar, singkong, jagung segar, makaroni, havermut atau roti. Sedangkan untuk sayuran, kita bisa memilih bayam, kangkung, wortel, tomat, brokoli, kembang kol atau buncis.

Itulah beberapa tahapan perpaduan menu yang bisa kita terapkan pada bayi sesuai dengan usianya. Satu hal terpenting adalah tidak memasukkan bumbu seperti gula dan garam dalam resep makanan MPASI Pertama Untuk Bayi supaya bayi dapat mengenali citarasa berbagai macam makanan dengan lebih alami.

Selamat mencoba MPASI! Sampai jumpa. Happy blogging!
Related Posts

Related Posts

1 komentar

  1. ANak-anakku udah gede, tapi makasih sharing-nya jadi nget masa-masa MPASI

    BalasHapus
Komentar saya moderasi. Tinggalkan jejakmu di sini, Teman!