Sabtu, 13 Januari 2018

# Renovasi Rumah # Sponsor Post

7 Persiapan Buat Renovasi Rumah Murah

Bismillaahirrahmaanirrahiim....

Punya rumah tentunya jadi impian setiap orang, baik yang berumah tangga atau belum. Saya jadi ingat Nam Se Hee, tokoh utama dalam drama korea Because This is My First Life yang rela kredit rumah sampai bertahun-tahun. Bahkan buat nambahin biaya kredit, eh dia rela nikah sama Yoon Ji Ho. Kalau di negara ini, ada enggak sih yang punya alasan nikah kaya gitu?

Nah bicara rumah, ada orang yang beli rumah udah jadi ada yang beli tanah baru bangun rumah sendiri sesuai desain yang diinginkan. Kalau pilihan rumah bangunan sendiri tentu bahan bangunannya ya pilihan dan ketahanannya lumayan terjamin.

Beda dengan rumah dari perumahan. Rata-rata bentuk rumahnya sama dan kita juga enggak tahu bahan yang dipilih kaya apa. Paling banter 5 tahun berdiri tegak. Setelah itu pastilah butuh yang namanya Renovasi Rumah Murah.

Di Kalimantan sana lagi banyak banget pembangunan dan renovasi rumah. Tetangga saya sampai banyak yang nguli ke sana karena borongan pekerjaan yang lumayan menuhin dompet. Kalau kalian mau renovasi rumah murah, kira-kira apa aja sih yang dibutuhin dan disiapin?

Lihat Lahan Rumah
Kita cek berapa luas lahan yang kita miliki. Tujuannya buat nyesuaiin desain seperti apa yang akan kita pilih.

Pixabay

Mau Renovasi Sebagian atau Keseluruhan
Ya namanya rumah kadang ada bagian tertentu yang ingin tetap asli ada yang mau diubah secara keseluruhan

Tentukan Desain
Setelah lihat luas dan kondisi rumah, kita tentukan desain. Mau rumah minimalis atau sekalian megah. Jika rumahnya hanya dihuni 1 sampai 2 orang, satu lantai dengan 3 kamar dirasa cukup. Tapi jika punya anak, rumah bisa dibuat dua lantai. Bisa juga halamannya diluasin dan jangan lupa buat garasi walau belum punya kendaraan. Saat rumah kita diperkotaan, lahan parkirnya terkenal mahal. Makanya kita juga harus nyiapin tempat parkir pribadi.

Pilih Bahan Bangunan yang Bagus dan Baik
Udah siap mau renovasi? Yuk pilih bahan-bahan yang bagus dan baik agar bisa awet 10 tahun lebih. Kan lumayan bisa buat penghematan dan keuangan bisa dialokasikan ke hal lain seperti investasi.

Pilih Kontraktor atau Tukang Bangunan yang Terpercaya
Ya namanya bangun istana, orang yang membuatnya harus punya hati agar hunian yang ditempati bisa nyaman. Tentunya kita enggak mau asal jadi aja kan?!

Pilih Cat dan Furniture Pendukung
Biar lebih segar, kita pilih warna-warna yang cerah. Furniture juga sebaiknya simpel dan multi guna.

Sediakan Budget yang Cukup
Namanya orang mau dandan rumah, keuangan musti disiapin jauh-jauh hari. Jika pas banget keuangan menipis sementara kita harus Renovasi Rumah Murah, Tunaiku bisa jadi solusinya. Kita bisa pinjam uang tanpa jaminan hanya dengan KTP. Tentunya dengan beberapa syarat. Tapi tenang aja karena enggak beratin kok. Tinggal buka aja websitenya selama kamu tinggal di area Jabidetabek, Gresik, Sidoarjo, dan Surabaya.

Kalau kalian, apa aja yang dipersiapkan Buat Renovasi Rumah Murah? Ada yang mau nambahin?

Yang jelas, enggak usah nunggu nikah buat punya rumah. Jadi single dan ada rumah itu prestasi luar biasa lho, hehehe! Yang belum punya rumah, tetep semangat ya! Pondok Mertua Indah juga oke punya.

Sampai jumpa. Happy blogging!

24 komentar:

  1. budget yang paling utama y mba kadang ga terduga juga estimasi rancangan biaya berapa eh yang keluar berapa :)

    BalasHapus
  2. Pengalaman aja kalau mau renovasi rumah harus siapin dana lebih. Kadang rencananya cuma benerin dikit, eh keterusan :D

    BalasHapus
  3. Kalo menurut aku yg paling pertama itu Budget, kemudian Lahan, Design dst.

    Sebab bila tdk ada budget yg pertama, maka yg lain gak bakal bisa mewujudkan renovasi rumah.

    BalasHapus
  4. Dari semua itu yang paling harus diutamakan adalah budget, karena budget adalah koentji. Yha! Wakakakakakkaka

    BalasHapus
  5. Persiapan pertama.. harus punya rumah wkwkwkw.. betul itu

    BalasHapus
  6. Persiapan yang terpenting adalah point terakhir hehehheeee

    Siapkan budget, gimana mau punya banyak rencana kalau budgetnya ga ada :D

    BalasHapus
  7. Betuul banget mba, kalau untuk beli rumah / tanah mah gak perlu nikah dulu. Malah lebih bagus punya rumah sebelum nikah hehee.. saya aja sdh nikah tapi belum punya rumah sendiri hehehe

    BalasHapus
  8. Kalo di saya sih, Cari rekan toko bangunan yang yng bisa ngasih harga gudang, hahahaha. Buat antisipasi tuikang yang nakal ato khilaf, lebih baik pas renovasi jangan lupa di awasi, biar standar kita ga dituruni,

    BalasHapus
  9. wuah, aku menanti jodoh beserta rumahnya.. wkwkwk

    sayangnya ya, tunaiku untuk renovasi rumah belum ada di lumajang-jember
    hmm, memangnya nanti aku mau tinggal di mana ya? eh tinggal sama siapa?
    hahaha

    BalasHapus
  10. Wah baru tahu kalau tunaiku bisa ngasih pinjaman tanpa ribet :D Semoga aku nanti bisa cepat punya rumah sendiri :D

    BalasHapus
  11. Belum ada rencana renovasi rumah, tapi tips-tipsnya oke juga nih nuat removsi rumah mamah, dan ternyata dananya bisa pinjam di tunaiku ya

    BalasHapus
  12. duh ini masalah budget yang bikin aku pucing. Tapi mau beli rumah dulu aja lah. Nabung semoga bisa lah, amin amin

    BalasHapus
  13. Bikin ruman Zaman Now mahalnya minta ampun apalagi kalau udah ada tanah tapi emang sebaiknya kita perlu rumahh sihh kalau udah menikahh.
    Senoga selalu dikasih rejeki

    BalasHapus
  14. Bener banget ini mba.disini tukang bangunannya banyak dari jawa dan madura karena memang hasil kerjanya bagus baik utk perumahan ataupun renov pengembangan. Gajinya pun saya tanya lumayan banget buat ngirimin keluarga di jawa, byk juga yang akhirnya hijrah bawa anak istri kesini

    BalasHapus
  15. kalo rumah sekarang jarang sih yang dibangun sendiri dari 0 dalam bentuk tanah. tetapi, rata rata rumah yang dijual sekarang sudah jadi. tetapi, itupun kita harus merenovasi kembali rumah yang sudah jadi tersebut soalnya, terkadang barang barang yg dipakai oleh pembuat rumahnya kurang bagus sehingga harus di renov ulang deh dan tentunya kita harus memperhatikan budget yang ada juga sih.

    BalasHapus
  16. Pengalaman sayansih mulai dari ngitung budget yang tersedia dulu biasanya. Soalnya pernah lagi ngerombak rumah tiba tiba harga barang bangunan naek lalu bahannya ngga kebeli hehehe. Jadi mangkrak deh. Selain itu emang perlu tukang yang paham banget kemauan kita apa dan bagaimana realisasinya

    BalasHapus
  17. Konon renovasi rumah lbh mahal drpd bangun awal ya.
    Sy ada rencana tuk renov rumah ..tp msh perlu banyak pertimbangan, salah satunya mng dan

    BalasHapus
  18. Dulu nenekku selalu puaing kalau urusan renovasi rumah, pasti benerin satu, lainnya nyusul minta dibenerin. Eh sekarang ngalamin, dan bikin sakit kepala kalau gak ada dana yang cukup...hiks

    BalasHapus
  19. Buat renovasi emang perlu dana lebih, bahkan kadang lebih mahal dari bikin baru...

    Jadi perlu diperhitungkan ..ancurin semua, terus bikin baru...atau rombak sana sini tapi itung-itungannya beda tipis

    BalasHapus
  20. Ini imoianaku banget bisa renovasi rumah orngtua, tp mkrn biayanya yg ckp lumayn blm tercapai smpi skrg.
    Mslah budget hrus bner2 dipersipkan,krn ktny bnyk pengeluaran yg tdk terdug.

    BalasHapus
  21. Yaah..ga masuk area pelayanan Renovasi Rumah...


    Tapi iya banget.
    Harta tanah dan material yang tiap tahun naik, rumah ini investasi masa depan.

    BalasHapus
  22. Nice share, kalau aku harus dipersiapkan rumahnya dulu baru renovasi..hehe

    BalasHapus
  23. resolusiku tahun ini adalah bangun rumah, semoga bisa tercapai ya Allah, amiiin..

    Iiih, Jiah menyinggung Se Hee, jadi kangen pengen nonton dramanya lagi deh, hehehe :)

    BalasHapus