Senin, 31 Oktober 2016

# BCA # Giveaway

MY BCA EXPERIENCE: Drama Hilangnya Saldo Tabungan

Bismillaahirrahmaanirrahiim....


Menabung, cara aman menghemat uang, betul kan? Menurut saya sih iya karena saya paling tidak bisa memiliki uang tunai di dalam dompet. Bawaannya itu pengen ngabisin duit. Ada yang merasa seperti itu?

Akhir Agustus lalu saya berkesempatan untuk kopdar bareng Blogger Semarang. Selain kopdar asyik, saya juga dapat ilmu tentang Sakuku dari BCA. Saya sempat mikir, boleh juga nih.

Setelah beberapa waktu, akhirnya saya berani juga mengambil keputusan dengan membuat tabungan baru, rencananya begitu. Menabung adalah cara saya berhemat. Kalau sudah di tabungan, diambil ya kalau butuh banget. Dan dalam pekerjaan, sudah sering banget yang nanyain rekening BCA. Daripada transferan kepotong mulu untuk administrasi, mending buat rekening aja.


Siang hari saya sudah siap berangkat ke Bank BCA di kota Jepara. Kayanya sih lebih enak ngurus di pusatnya langsung, atau lebih tepatnya saya enggak tahu kantor cabang BCA itu di mana, hahaha.

Alhamdulillah antrian enggak terlalu panjang. Waktu masuk, Pak Satpam ngasih senyum lalu bantuin saya ambil nomor antrian. Tak berapa lama, saya akhirnya dilayani juga.


Sebelum ke bank, saya terlebih dahulu browsing di website BCA. Lihat-lihat aja, apa sih yang ada di BCA. Banyak banget pilihannya. Pas ketemu Mbaknya, saya nanya-nanya juga biar lebih jelas.

Sebagai calon nasabah baru, saya maunya cari potongan tabungan yang rendah. Namanya juga belum berpengalaman. Mbaknya ngasih tahu soal tabungan yang hanya buat nabung. Bisa dipake? Bisalah, cuma transaksinya memang terbatas. Ada juga tuh namanya BCA Xpresi. Di sini kita enggak dapat buku tabungan, hanya kartu saja dengan berbagai desain yang menarik. Sayangnya, waktu itu desain hanya Real Madrid. Dan akhirnya saya pilih Tahapan BCA. Alasannya karena transaksinya bisa lumayan banyak, ada buku tabungan dan juga Paspor. Untuk Paspor BCA, saya pakai yang Silver karena belum punya NPWP.

Alasan lain kenapa saya ambil yang Tahapan karena BCA itu enggak bisa punya rekening dobel. Daripada saya ribet dikemudian hari, mending sekalian deh ambil yang Tahapan dengan potongan perbulannya untuk kartu Silver sebesar Rp 15.000,-. Siapa tahu ya saya nanti punya usaha. Saya percaya, membuat rekening pasti akan ada gunanya.


Untuk rekening BCA, ada saldo yang ditahan sebesar Rp 50.000,-. Jadi kalau uang kita 500 ribu, makanya saat mengecek saldo akan tertulis 450 ribu. Karena saya nasabah baru, saya belum bisa buat internet bankingnya. Oh iya, di bank BCA, saya juga disuguhi minuman dan sebungkus coklat yang enak. Enggak terlalu manis tapi gurih gitu. Oh iya, soal Sakuku. Mbaknya nawarin tapi juga ngingetin karena di Jepara belum ada merchant Sakuku. Sayang aja kalau hanya buat isi pulsa. Selesai buat tabungan, Mbaknya juga ngingetin agar saya nunggu dulu di dalam. Hujan baru turun.

Drama pun dimulai....

Saya kan udah niat banget nih nabungnya. Kirain saldo akan aman jaya. Nyatanya saya mau ngambek aja gara-gara Drama Hilangnya Saldo Tabungan. Tabungan awal segitu, kok tiba-tiba enggak ada? Kemana coba? Padahal saya belum pakai buat transfer atau lainnya.

Maunya sih tanya langsung ke bank, tapi sayanya belum sempat. Ya udah, saya tanya aja ke pengguna BCA, yaitu Mbak Susi. Katanya, untuk awal-awal memang ada potongan buat tabungan dan potongan bulanan. Jadi wajar banget kalau saldo tiba-tiba berkurang.

Dari cerita Mbak Susi, saya manggut-manggut aja. Jadi begitu..., tapi waktu transaksi lagi, kok ada yang kepotong lagi?! Ternyata setiap kali transaksi di ATM, kita akan kena biaya Rp 1000,-. Yaelah, kenapa enggak saya tanyain waktu buat tabungan?!

Menyesal sih enggak sama sekali ya. Ini buat catatan saya pribadi bahwa setiap bank itu punya aturan sendiri yang tidak sama tentunya. Saya juga harus segera mengurus internet banking biar lebih hemat dan enggak drama lagi, hehehe. Semoga ke depannya saya lebih semangat menabung dan juga lebih teliti.

Sampai jumpa. Happy blogging!

5 komentar:

  1. Ayo nabung...#eh

    Aku pernah putus hubungan sama BCA lho?
    TApi 2 bulan lalu kembalian lagi *buka BCA lagi*

    BalasHapus
  2. Masa' sih ilang? Udah coba tanyain ke CS nya? Kemarin aku buka BCA, nggak ada tuh potongan selain yang disebutkan oleh CS sebesar 50rb tertahan. Saldo jumlahnya sesuai dengan setoran. Dan pengambilan juga gratis kalo narik di ATM BCA ( tak bandingkan struk before n afternya, hehehe). Tapi memang kalo yang atm non BCA ada dikenakan biaya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, itu... saya pake atm non BCA, hehehe

      Hapus
  3. aku setia hanya BCA aja, service nya mantap banget ^^

    BalasHapus