6c2y5xLulMkOYYgEXrgPjC5Lx3Je6RzEo1m3mFkw

Cara Sukses Berjualan Online Masyarakat Pedalaman

Siapa yang suka berbisnis? Mungkin tidak jika kita adalah Masyarakat Pedalaman?

    Mengembangkan bisnis tidak hanya terjadi di daerah ibu kota saja, tapi hal ini juga dilakukan oleh masyarakat di daerah pedalaman. Meskipun terdapat banyak perbedaan pada dua daerah tersebut, tapi daerah pedalaman atau desa juga memiliki peluang yang sama. Yuk simak cara-cara yang bisa kita lakukan!

cara sukses berjualan online masyarakat pedalaman

1. Menentukan Produk Khas Daerah yang Mau Dijual
    Setiap daerah khususnya pedesaan, umumnya memiliki produk yang khas, baik berupa makanan atau barang lain. Maka, tentukan terlebih dahulu barang apa yang akan dijual. Dengan begitu, kita juga akan lebih mudah menentukan harga jual, mencari bahan baku hingga target pasar yang akan dituju. Bahkan, kita juga bisa melakukan inovasi pada produk tersebut agar ada ciri khas dan nilai jual yang sedikit lebih tinggi.

2. Membuat Akun Media Sosial untuk Berjualan Online
    Saat ini media sosial telah menjadi jembatan komunikasi dan kegiatan jual beli. Membuat akun media sosial adalah pilihan bijak untuk memulai bisnis. Untuk membuat akun medsos khusus jualan, kita bisa menggunakan akun bisnis agar dapat melakukan evaluasi dan analisis terhadap konten-konten yang diunggah.

    Dengan berjualan di media sosial, misalnya di TikTok, kita dapat menjangkau lebih banyak calon pembeli. Bahkan di situs Pricebook ada artikel yang mengulas tentang akun-akun TikTok yang berpenghasilan puluhan juta Rupiah dalam sebulan lho. Jangan lupa, ketika mengunggah konten di media sosial, gunakan tagar yang tepat agar konten kita bisa dilihat lebih banyak orang. Jadi, ketika menggunakan media sosial untuk berjualan, pelajari juga bagaimana platform tersebut bekerja dengan optimal.

3. Menentukan Strategi Pemasaran
    Lingkungan sosial masyarakat di pedalaman tentu berbeda dengan kehidupan di kota besar. Kita perlu membuat rencana pemasaran yang matang, serta banyak pilihan untuk berbagai kemungkinan. Berjualan online tentu banyak menggunakan platform digital untuk kegiatan bisnisnya, baik pemasaran sampai pembayaran.

    Itulah mengapa, kita juga perlu menganalisis media sosial apa yang paling banyak digunakan. Dengan begitu, kegiatan promosi juga bisa lebih cepat diterima masyarakat. Menentukan strategi pemasaran akan lebih gampang jika kita sudah memiliki tujuan yang ingin dicapai dalam bisnis tersebut. Dengan berbekal tujuan, maka akan mudah bagi kita untuk menentukan berbagai keputusan.


4. Menentukan Harga yang Tepat
    Perlu diperhatikan juga bahwa tidak hanya secara sosial, tapi tingkat ekonomi masyarakat juga perlu diperhatikan. Sebelum menentukan harga jual, kita bisa melakukan riset harga pasar terlebih dahulu. Hal ini akan membantu kita dalam memberikan referensi harga. Apakah kompetitor menjual dengan harga yang lebih tinggi atau rendah? Namun, penting juga mempertimbangkan kualitas barang yang dijual.

    Jika kualitasnya bagus, maka tidak ada salahnya menjual dengan harga yang sedikit lebih tinggi. Menentukan harga juga sangat berpengaruh pada besaran keuntungan yang akan kita terima. Dengan harga yang tepat, maka besar kemungkinan kegiatan jual beli di tempat kita bisa berjalan dengan stabil. Jadi tidak perlu terburu-buru menentukan harga jual.

5. Melayani Pelanggan Secara Profesional
    Pelanggan adalah pihak yang paling berpengaruh pada bisnis jualan kita. Sudah sebuah keharusan untuk melayani mereka dengan profesional. Pelanggan yang merasa dilayani dengan puas, tentu memiliki kepercayaan pada bisnis kita.

    Ada beberapa cara untuk melayani pelanggan dengan profesional, antara lain :

  • Mengetahui detail produk dengan baik dan berbagai layanan yang diberikan toko atau perusahaan.
  • Responsif terhadap permintaan kebutuhan pelanggan.
  • Menunjukkan sikap hormat, ramah dan menyenangkan ketika sedang melayani pelanggan.
  • Menerima keluhan pelanggan.
  • Jangan lupa mengucapkan terima kasih.
  • Meminta feedback dari pelanggan atas semua layanan dan produk yang tersedia.

    Mengetahui pendapat pelanggan juga membantu untuk bisa menganalisis bagaimana pelayanan kita selama ini. Bahkan, kita juga akan tahu bagian mana saja yang perlu diperbaiki.

Mengeruk Keuntungan & Pasif Income dari Bisnis Afiliasi


bisnis afiliasi Sobat IndiHome

    Selain jenis usaha yang telah disebutkan sebelumnya, kita juga bisa memanfaatkan peluang bisnis afiliasi untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Meski tinggal di pedalaman, selama ada akses internet yang cepat dan stabil, misalnya menggunakan koneksi internet IndiHome dari Telkom Indonesia, kita bisa menjalankan bisnis ini. Bisnis afiliasi adalah usaha yang menghasilkan uang dengan cara mempromosikan produk atau layanan orang lain melalui tautan afiliasi. Kita cukup bergabung dengan program Sobat IndiHome dan tidak perlu memiliki produk atau layanan sendiri.

    Sobat IndiHome hanya perlu mempromosikan produk atau layanan orang lain melalui tautan afiliasi dan akan mendapatkan komisi setiap kali ada orang yang membeli melalui tautan tersebut. Cara memulai bisnis afiliasi bagaimana? Langsung cek di situs SOBI.

    Memulai bisnis jualan di pedalaman juga sama dengan di wilayah lain. Kita butuh persiapan yang matang. Baik mulai dari pengadaan barang hingga pelayanan ke konsumen. Semua ini merupakan cara agar sukses berjualan online. Selamat mencoba!
Related Posts

Related Posts

1 komentar

  1. Dengan IndiHome emang ngebantu banget buat kerjaan terutama aku yang full di rumah aja mencari penghasilan dari internet.

    BalasHapus
Komentar saya moderasi. Tinggalkan jejakmu di sini, Teman!