Selasa, 03 Oktober 2017

# Blogger

Blogger Jadul, Antara Ada dan Tiada

Bismillaahirrahmaanirrahiim....

Salam Hari Selasa!

Kalau di grup Pojok WB WhatsApp, hari ini adalah saatnya Share link dan wajib komentar bagi yang mengikuti. Ketika pertama kali gabung di sana dan ada agenda ini, saya sering sekali daftar. Dulu digilir, sekitar 45 orang dibagi beberapa kelompok. Setelah waktu berlalu, share link sekarang rebutan dimulai di jam 8 pagi. Dan saya masih ingat ada yang sudah share tulisan di jam 12 malam demi dapat antrian. Hayo kelakuan siapa itu?!


Aturan share link yang sekarang ada tambahannya. Setiap Selasa hanya boleh share tulisan pribadi, bukan sponsor post, bukan event berbayar, bukan pula lomba. Ya nulis suka-suka, boleh tips, boleh curhat, apa saja deh. Dan berkat aturan ini, saya mungkin kami jadi bersyukur karena diingatkan untuk tetap menulis, kembali ke kodrat seorang blogger #SungkemSamaJajaranADMIN.

Bukan hanya itu sih. Karena aturan ini, saya jadi teringat masa lalu, jaman awal ngeblog dulu. Ini juga pengaruh dari Tulisan Mas Belalang Cerewet dan foto Mbak Alaika Abdullah dengan Mas Amri, salah satu blogger jadul yang hiatus.

Blogger Jadul, Antara Ada dan Tiada. Dulu itu yang namanya blogger ya, ngapain ya?! Enggak kaya sekarang lah. Kopdar ya beneran kopdar, ngobrol ngalor ngidul. Kuis hadiah pulsa sama buku aja sudah seneng banget. Komen di post terbaru enggak usah diminta, kunjungi balik dong! Sindir-sindiran jarang banget apalagi perang sosial media. Semua serba suka-suka.

Tapi ya namanya jaman makin berkembang dan kadang kesibukan orang itu beda-beda sehingga membuat blogger jadul ini karena jarang update jadi tenggelam dari ranah blogsphere. Lalu muncul blogger-blogger baru yang kreatif dan aktif dalam mengelola blognya. Dan blogger lama, tenang..., masih banyak yang aktif dan tetap menulis kok.

Bagi kalian yang baru ngeblog 1-2 tahun mungkin belum tahu, saya kenalin nih 3 blogger jadul yang antara ada dan tiada:
Dija Bukan Dijah yellow ya. Tapi tantenya suka warna kuning sih. Namanya Khadijah, dia ngeblog dari bayi lho. Yang nulis ya Mbak Elsa, tantenya itu. Dijah ini dari Jombang, lahir masuk inkubator, kecil banget. Tapi kini dia sudah SD, cakep pula. Dan kalau sudah gini, saya merasa tua, hahaha.

Blog Dija sempat jarang posting. Tapi akhir-akhir ini mulai aktif lagi dan menceritakan kegiatan Dija saat sekolah. Kalau mau kenalan boleh main ke blognya.


Warga WB kalau enggak kenal orang ini ya kebangetan. Beliau ini sesepuhnya WB. Orangnya nyentrik, dari Jember dan tahun lalu main ke Jepara. Blognya jarang update, tapi saya yakin pundi-pundi dolarnya selalu bertambah, hahaha.

  • Naya Uneg-uneg si Belo
Si Mbak satu ini blogger paling beda dari sekian banyak yang saya kenal. Dia dari Betawi dan nulisnya pun Betawi. Dulu ketika baca, saya jadi merasa jadi orang Betawi, hahaha. Postingannya selalu kocak, kadang ada selipan Vino G Bastian si aktor pujaan hatinya ketika belum menikah. Pokoknya dia ini menghibur sekali lah. Sayangnya blognya telah almarhum. Alasannya, err biar jadi rahasia. Intinya dia bahagia dengan kehidupannya yang sekarang. Beberapa tulisan saya terinspirasi dari Mbak Nay berkumpul dalam All About Nay.

Blogger Jadul, Antara Ada dan Tiada kalau mau disebutin ya buanyak banget. Saya saja lupa-lupa ingat, hahaha. Mengingat mereka jadi kenangan manis tersendiri buat saya, saya yang bukan siapa-siapa. Saya si anak kampung yang belajar mengenal dari dunia maya, lalu akhirnya bertemu di dunia nyata #Halah #PadahalBelumKetemuSemuanya.

Berhenti atau tetap lanjut ngeblog dan mengikuti arus serta perkembangan adalah pilihan. Mereka yang berhenti saya yakin tidak benar-benar berhenti jika nyawa mereka ada untuk menulis. Tetap menulis, dari hati dan saya percaya semua akan sampai ke hati pula.

Kalian kenal blogger jadul lainnya? Share yuk!

Sampai jumpa. Happy blogging!

28 komentar:

  1. Itu yang kedua Mbak Susi kan, ya?

    Saya jarang ikut share link karena khawatir ndak sempet BW dan komen. Kalopun sempet, khawatir bingung mau komen apa di postingan yang saya ndak ngerti =(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, itu saya Mas Yos.

      Pinjem foto gak bilang2, ada aku pula di situ. Maharnya bawain pete segerombol!

      Pura2 sewot ala blogger zaman sekarang. Wkwkwkwk


      Tapi aslinya aku pikir tak ada blogger jadul dan blogger sekarang. Mungkin pakai kata kekinian kali ya. Yg up to date mengikuti tuntutan zaman. Gak salah sih.

      Kadang aku lelah dan memilih diam tak bergerak. Mungkin mereka yg hiatus mempunyai perasaan yg sama.

      Hapus
    2. Btw aku kangen banget sama Dija dan Mbak Elsa

      Hapus
  2. Waaaaah kenapa aku nggak tau kalau beliau sesepuh WB ya? Hihi. Mmm kalau nginget2 ngeblog jaman lawas ya enak banget, ga kebanyakan aturan, bebas. Hawabya seneng, blogwalkingpun sesuka hati dalam artian nggak perlu disuruh gitu. Dulu kalo ngeshare tulisan masih banyak yang komen, sekarang mah kayanya diklik aja engga. Sediiii :(

    BalasHapus
  3. Semua kita mempunyai cerita tersendiri saat awal memjajaki dunia blog.
    Oh iya mbak, Baby Dija gemesin ya..

    BalasHapus
  4. aku taunya Mbak Elsa dan Lozz, diriku udah jadul juga enggak ya. kayaknya enggak soalnya usia blogku masih 11 tahun

    BalasHapus
  5. Waaaaaaaaaaaaaa 😱😱😱😱😱

    Mbaaaak, kayaknya kita sepertemanan deh, soalnya tiga blogger itu aku kenal semuaaaaa. Tapi aku gak tau, kalo ternyata baby dija sama mas lozz akbar itu orang jember. Padahal aku di jember sekarang, eh tapi mau balik sih ke lumajang.

    Aku juga sedig banget pas mbak naya belo pamitan. Kayak gak nyangka aja gitu, tiba2 dia gak ada, pun gak ngasih tau alasannya.

    Ada lagi mbak, mungkin mbak jiah tau juga. Namanya Una (Sitti rasuna wibawa), travel blogger nomor satu jaman itulah pokoknya. Gak pake modal cakep, pake modal tulisan doang.


    Eh eh, dulu, aku pake nama Ocha. Blogku isinya cerita anak SMA pas itu. Ehtapi kalo mbak jiah gak inget, gak papa kok, dimaklumin.

    Saat BP goes to jember, waktu itu ada mbak alaika sama mbak nchie hanie. Aku nitip salam ke mereka melalui temen bloggerku,soalnya aku gak hadir waktu itu. Yang mbak alaika itu inget aku. Tapi yg mbak nchie hanie itu gak inget aku. Hahaha.

    Hihihihi.... Aku seneng banget blogger2 lama pada nulis beginian. Aiiiiih kaaaaangeeeen

    BalasHapus
  6. Karena aku tidak kenal siapa mereka itu menandakan kalau akumasih baru....

    BalasHapus
  7. Aaaakh iya banget Jiaaaah!
    Itu kenapa geng Jember pada hiatus sih? Selain bang Loss ada acacicu dan api kecil jugak ��

    Aku masih bertahan posting curhat nih Jiah, sponsored post sekali2 aja hehe

    BalasHapus
  8. Kalimat ini langsung menusuk saya mba "ada yang sudah share tulisan di jam 12 malam" haha.. tapi malah lebih seru loh dulu karena rebutan wkwkw.. tapi memang jadinya tidak adil haha

    dari tiga blogger diatas, saya kenalnya juga sama kang lozz aja.. mungkin kita sama-sama blogger jadul antara ada dan tiada.. wkwkw..

    BalasHapus
  9. Tenyata suami Mbak Susi lebih dahulu ngeblog ya? Karena belum banyak postingan terbaru di blog mas Lozz,saya jadi mengira Mbak Susi yang termasuk blogger lama. hehehe

    BalasHapus
  10. Kang Lozz! Hahahak sepuh WB banget itu mah. Dua lainnya aku gak tau, sih. Soalnya aku dulu mainnya sama komunitas sebelah yang anak-anaknya begajulan kayak aku hahaha banyak yang udah vakum sih dari sana. Ada juga yang masih tapi blognya gak seramai dulu. Ada yang pindah ke instagram. Ada yang pindah ke yutup. Ada pula yang udah jadi bintang pelem. Da aku mah masih setia aja sama blog wkwkwk

    BalasHapus
  11. Apakah saya yang kurang jauh blogwalking nya atau emang saya yang keterlaluan sampai tidak kenal dengan ketiga blog tersebut? Jujur saja, saya Baru tahu perihal ketiga blog di atas ketika membaca tulisan ini..
    Mohon dimaafkan apabila komentarnya agak sedikit keluar jalur, tapi emamg betul, saya tidak tahu.
    Terima Kasih kepada pemilik blog ini yang sudah mengenalkan ketig blog di atas :)))

    BalasHapus
  12. Aku ngaku deh mbak jiah masih newbie, aku cm kenal foto mbak susi, dan pernah sekali main ke tulisan dija skrg dia udh sekolah ya. Mungkin zaman dulu menyenangkan ya menulis yang gak harus rebutan sm sponsored post, tp mau bagaimna lagi aku masuk didunia bloger saat tulisan curhat sdh berganti dengan content placement dan sponsored post mba.. Hhi

    BalasHapus
  13. blogger jadul, ada-ada saja mbak ini heheheee

    aku belum kenal dengan mereka, maklum baru aktif beberapa bulan ini. andai aktif dari dulu pasti kenal dengan mereka, mereka pasti orang-orang hebat ya.

    BalasHapus
  14. Semakin berat ye persaingan di dunia perbloggeran. Mungkin karena tujuan ngeblog sudah banyak yang mulai bergeser. hehehehe.... saya juga merasakan hal yang sama sih tapi membangun jaringan emang ebih penting dari sekedar BW ompong tanpa kesan hehehehe

    BalasHapus
  15. Pada kangen blogger jadul ya ... hehehe.

    Btw, Dija dari Jombang, bukan Jember.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ah iya Jombang. Kenapa aku nulis Jember ya? Hahaha

      Hapus
  16. siapa ya blogger jadul yg saya kenal ?
    dulu ada sih gadis rantau..tp ga update lagi
    trus ada mas sugeng dari malang
    ada itu lucu orangnya lupa namanya

    BalasHapus
  17. Aku ngikutin blognya Dija dr jaman dulu, jaman blog aku msh ga jelas nulis apa hihihi & byk blog2 yg jaman dl aku ikutin skrg dah ngga aktif... sayang pdhl ceritanya seru2 & aku terinspirasi oleh mrk 😊

    BalasHapus
  18. Pernah ketemu sama paman lozzakbar pas thn 2013 an dan terakhir kali komen2an di fb juga udh lama bgt. Wah gimana kabar uncle lozzakbar sekarang ya? Tiba-tiba jadi teringat karena baca tulisannya Mbak Jiah hehe

    BalasHapus
  19. Aku kenal banyak blogger jadul dan aku merindukan mereka semua. Meskipun cuma beberapa yg udah pernah kopdar tapi serasa kenal mereka bgt krn blog dan postingan mereka.
    Rindu ke masa-masa awal ngeblog meski aku ga termasuk jajaran blogger jadul tp mereka semua lah yg bikin aku semangat ngeblog

    BalasHapus
  20. Peraturan wb selalu berubah ubah bikin puyeng aja sih haha. Tp saya kagak kenal mereka ber2 mba gmna ding? Blm pernah ketemu juga nih

    BalasHapus
  21. Jiaahh...ku selalu suka caramu menyampaikan pesan ke pembacamu.
    Bisa dapet ide brilliant gini dari mana Jiaah??

    Btw,
    Sungkem semua ke sesepuh blogger.

    Aku baru ngeblog akhir tahun 2015. Dan sudah barang tentu gak langsung ber-TLD.
    Jadi yang baca cuma aku, aku dan aku lagi...hahha...tapi pake lepi, hape suami, Ibu, kaka, bapak, papa mertua, mama, adik suami.

    Jadi kliatannya yang baca banyaakkk....dan akunya hepi.
    Wkkwkk....ini receh banget!

    BalasHapus
  22. Kenikmatan lain bloger jadul adalah kopdar. Wah asyik banget zaman itu. Giveaway yang hahdiahnya kecil tapi seneng banget diapresiasi. Rindu rindu....

    BalasHapus
  23. Duuuh... Maaf komentarku terlambat nih Jiah. Tanpa sadar tertidur dalam keadaan lagi buka blogmu.. Eeh iya..mau blog jadul atau enggak.. Yang penting tali s8laturahmi tetep teejaga ya pastinya.

    BalasHapus
  24. Dulu waktu newbie sempat gabung di pojok WB tapi keluar karena merasa nda bisa bagi waktu untuk ngblog. Para blogger jadul yang dulu saya ikuti masih pada ngblog sampai sekarang. Akunya aja yang hiatus, wkwkwk...

    Tapi berkat dorongan kuat dari lubuk hati terdalam akhirnya saya mulai ngblog lagi. Karena sekarang saya sudah menemukan tujuan dari blogging, semoga nanti gak hiatus lagi. hhee

    Salam kenal yah mbk :)

    BalasHapus
  25. saya gak kenal mereka semua, haha!

    tetapi begini, kualitas blog sekarang juga meningkat jauh keitmbang dulu.
    kalau bloger2 dulu, isinya rata-rata (bukan yang pro) tulisan puisi2 galau mereka atau keseharian mereka atau malah jadi diary

    BalasHapus