Karena ini Bukan Drama, Persiapkan Semua Saat Mudik dengan Transportasi Udara

09.00

Bismillaahirrahmaanirrahiim....

Kalian pecinta film dan drama? Masih ingat film Ada Apa Dengan Cinta 1 jaman dahulu kala? Atau film Eiffel I’m in Love? Mungkin film luar seperti On The Wings of Love? Semua drama, berhubungan dengan bandara dan naik pesawat. Salah satu pemeran utama pergi meninggalkan pemeran lain dengan lelehan air mata. Mereka berlari untuk mengejar pasangan bahkan ada yang sampai rela ikutan beli tiket agar bisa mencari di waiting room dan gate. Gila kan? Dan kini saatnya pulang ke rumah ketika lebaran. Karena ini Bukan Drama, Persiapkan Semua Saat Mudik dengan Transportasi Udara

Kenapa harus dengan transportasi udara?
Jika kalian orang yang sibuk dan memiliki waktu terbatas untuk bepergian, sebaiknya gunakanlah transportasi udara untuk balik kampung. Semua dengan catatan daerah kalian atau yang terdekat dengan bandara. Kalau cuma antar desa, pakai pesawat telepon saja, hehehe.

IG @djpu151

Tahukah kamu, dari National Highway Traffic Safety Administration pada tahun 2008, kecelakaan di darat makan korban lebih banyak dibandingkan kecelakaan pesawat dengan rasio 1:1,2 juta. Memang sekalinya pesawat kecelakaan kadang memakan korban banyak bahkan sering hilang, tapi dibanding angkuta darat yang setiap hari ada saja kecelakaan, coba dipikirkan?! Alasan lainnya antara lain:

  • Enggak macet jadi bisa hemat waktu tempuh perjalanan. Iya waktu nunggunya beda, tapi itu semua demi keselamatan, keamanan dan kenyamanan. Di sana ada yang namanya ATC atau Air Traffic Control yang berarti pemandu layanan pengaturan lalu lintas di udara terutama pesawat terbang agar tidak terjadi insiden seperti tabrakan.
  • Standar keamanan tertinggi sekaligus paling ribet. Ada proses cek ricek pesawat sebelum take off dan setelah landing. Mau asal terbang? Cari mati itu mah!
  • Pilot, Pramugari diperiksa dan diuji kesehatan sebelum terbang sesuai Peraturan Menteri Perhubungan RI nomor: PM 8 tahun 2015, Sub Bagian A, 67.5 butir (4).
  • Penumpang juga diperiksa termasuk barang bawaannya. Jika pun ada yang kecolongan, semua petugas bandara sudah berusaha semaksimal mungkin.

Apa saja sih yang harus kita siapkan sebelum melakukan penerbangan?

  • Tiket. Mudik terencana, siapkan tiketnya. Toh sekarang bisa beli secara online dengan diskonan ini itu.
  • Tanda pengenal atau pasport. Ini tinggal tujuannya. Mau lokal atau internasional. Intinya harus ada tanda pengenal.
  • Barang bawaan seperlunya kecuali itu pesawat milik pribadi dan yang naik kamu aja. Ingat juga barang-barang yang boleh dibawa ke kabin pesawat seperti, Laptop/tablet, kamera kecil, tas jinjing, selimut, atau buku.
  • Jika bawa bayi, jangan lupa keperluan bayi dilengkapi. Pesankan kursi mereka juga dan bawa surat keterangan dokter jika diperlukan.
  • Ingat 3,2,1 juga.
  1. 3 jam sebelum terbang sudah sampai di bandara dan melakukan pemeriksaan barang
  2. 2 jam sebelum terbang kita check-in
  3. 1 jam sebelum terbang kita sudah di waiting room dan gate sesuai penerbangan
  • Saat mau naik dan turun pesawat tak buru-buru. Utamakan keselamatan ya!

Persiapan semua sudah oke, apakah sudah jaminan semua akan berjalan lancar?

Tentu saja belum. Itu kan persiapan, belum juga naik, apalagi turun sampai di lokasi. Masih ada aturan lain yang harus kita patuhi demi kelancaran, keamanan dan tentunya keselamatan bersama. Apa saja contohnya?

  • Mematikan HP saat mau naik, dalam pesawat dan juga ketika turun. Jika sudah di gedung terminal, baru boleh dinyalakan. Tujuannya agar si sinyal tidak mengganggu penerbangan. Lagian HP sekarang ada mode terbangnya kan? Tetep bisa poto cantik walau tidak bawa kamera saku.
  • Perhatikan awak kabin saat memperagakan demo keselamatan. Mungkin terlihat lucu, tapi itu sangat berguna. Kita perlu tahu di mana masker oksigen atau pelampung jika terjadi hal-hal di luar skenario.
  • Perhatikan saat menggunakan sabuk keselamatan. Jika awak kabin belum mengijinkan untuk membuka, jangan dibuka dulu apalagi berdiri.
  • Perhatikan juga dalamnya pesawat seperti jendela dan juga pintu darurat.
  • Tundukkan badan saat keadaan darurat demi mengurangi kemungkinan cidera.
  • Tidak mudah percaya dengan orang asing
  • Berdoa agar perjalanan lancar dan sampai dengan selamat.
Pixabay
Sebenarnya masih banyak yang harus kita tahu, minimal dasar-dasarnya dulu lah. Kita mau naik bukan jadi teknisi atau pramugari. Enak banget lah jika kita sudah jadi anggota komunitas #SobatAviasi.

Apa itu Sobat Aviasi?

Jaga keselamatanmu
Amankan perjalananmu
Karna hati yang nyaman
Kan bawa pulang senyuman

Sobat Aviasi adalah komunitas yang dibentuk oleh Direktorat Jendral Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan. Dari sana kita akan banyak info tentang perhubungan udara, bagaimana kerjanya dan lain-lain. Bisa cek di IG @djpu151 atau Facebook DJPU. Cepat gabung biar tambah pengetahuan kita, hehehe.

Selamat mudik ya! Jangan lupa jaga keselamatan, kenyamanan dan juga keamanan! Sampai jumpa. Happy blogging!

You Might Also Like

20 komentar

  1. AKU JUGA sudah jadi #SobatAviasi bermanfaat sekali dalam mendapatkan ilmu penerbangan. :)

    BalasHapus
  2. Iya nih, perlu banget membaca aturan sebelum mudik naik pesawat terbang ya

    BalasHapus
  3. tipsnya lengkap, Mba Jiah.
    Emang yah kita harus menyiapkan segala sesuatunya dengan baik. Demi kenyamanan dalam perjalanan

    BalasHapus
  4. informatif banget nih mbak jiah, apalagi untuk yang mau mudik dengan pesawat. aih, enggak terasa ya, jumat udah libur terus mudik. haaa, bahagiaanya

    BalasHapus
  5. Bisaan iih...Jiah.
    Aku kaget, kirain mau bahas drama-drama era aku.
    Hahhaa...AADC dan Eiffel, Im in Love.

    Beneerr...
    Aku pernah tuuh...gak teliti liat tiket, karena jaman sekarang kan tiket tinggal nunjukin softcopy via email.
    Memudahkan sekaligus menjerumuskan kalau kurang teliti.


    Alhamdulillah gak angus karena masih sempet, meskipun sedikit ngos-ngosan.
    Bareng 2 krucils.

    Perjuangan banget ittuu...

    Jadilah #sahabatAviasi yang baik yaa...

    BalasHapus
  6. Wah ada ya Sobat Aviasi.. Mau Gabung ah, biar tips yang bermanfaat dapat pula saya peroleh. Kebetulan taun ini lagi banyak bakalan ke luar kota. Diluar mudik besok hehe...

    BalasHapus
  7. Sering banget kalau naik pesawat, belum landing udah cling2 hp dinyalakan :(
    Gak sabaran banget.
    Moga dari maskapai jg bener2 ngingetin dan menindak ttg hal kyk gtu.
    Bt TFS info dan tipsnya ya mbk Jiah :)

    BalasHapus
  8. Pengen naik pesawat terbang ih.. Pengen kaya orang2 bisa mudik ke kampung halaman. Tipsnya saya save ah buat jaga2 diundang naik pesawat terbang

    BalasHapus
  9. Terbang selamanyaaaa..... aman nyaman dan selamat sampai tujuan. asoooyyy beneeerrrr!

    BalasHapus
  10. Mudik menggunakan transportasi udara memang lebih praktis ya Mbak. Kita jadi ga perlu khawatir sama kemacetan lalu lintas :D

    BalasHapus
  11. Maunya sih mudik pake pesawat, tapi apadaya di Purwokerto tak ada bandara. Belum lagi tiket pesawat yang aduhai mahalnya, tentu pada akhirnya saya lebih memilih yang ada saja. Macam kendaraan darat, bis atau kereta. Ya meskipun di jalan sangat rawan dgn yang namanya kemacetan, tentu saja semua sebanding dgn harga tiketnya.
    Ono rego ono rupo

    BalasHapus
  12. Saya jg mudik pake pesawat mba.. kalau lebaran ampun deh mudik pake jalur darat, kecuali dapat tiket kereta hehehe.. soalnya perjalanan bisa 1 hari sendiri

    BalasHapus
  13. Kalau saya mudik pilihan yang tepat dengan pesawat ke Pontianak, kalau dengan jalur laut bisa 2-3 hari. Tidak mungkin lewat jalur darat juga, nanti tenggelam kendaraanya.

    BalasHapus
  14. Mudik jadi aman dan nyaman kalau menggunakan transportasi udara ya...

    BalasHapus
  15. Plis juga, maskapai2 di Indonesia jangan jam karet dong. Sini udah nunggu 3 jam di bandara, ternyata delay. Huhuhuhu.. Kan bete.

    BalasHapus
  16. Selamanya itu ternyata SELAMAT, AMAN, dan NYAMAN ya... Aku juga sudah menjadi #SobatAviasi, tos dulu coba haha

    BalasHapus
  17. Iyaa.. Protokoler yang amat professional yg bikin perjalanan pesawat (tampak) lebih aman.

    Btw 321 itu penting. Ku pernah lari lari naik ke pesawat dengan koper yg terpaksa dibawa ke kabin karena telat. Masih untung boleh masuk

    BalasHapus
  18. Meski terlihat enteng, mudik dengan pesawat jug mesti hati2 ya. Dan mengikuti semua ketentuam biar gak merugikan penumpamg lain.

    Dan penumpamg peswat untuk mudik darinhari ke hari makin banyak aja ya..

    BalasHapus
  19. Persiapan yang baik dan safety first penting banget ya mbak. Transportasi udara masih yang paling oke karena cepat dan cukup ekonomis. Penting nih poin-poinnya harus diperhatikan

    BalasHapus
  20. Aku seneng mudik lewat udara tapi emang sulitnya masalah waktu. Selain waktu yang sering molor dan harganya. Cepetnya yang bikin aku selalu seneng lewat udara. Tapi mudik kali ini naik kereta, suami aja lah yang naik pesawat hehe

    BalasHapus