Senin, 08 Mei 2017

# Kopi # Mesin Kopi

Bikin Kopi Padahal Tidak Suka

Bismillaahirrahmaanirrahiim..

Karena terlena
Oleh pesona
Alunan kopi dangdut

Kopi, kata banyak orang bisa membangkitkan semangat. Kalau habis ngopi bawaannya jadi bisa mikir. Itu kata orang ya. Kata saya, kopi itu bikin ngantuk!

Kok bisa sih kopi malah bikin ngantuk?
Saya kurang tahu. Kemungkinan besar sih karena saya doyan tidur. Mau minum kopi kalau saatnya tidur ya bobok manis saja.

Bikin Kopi Padahal Tidak Suka pernah terjadi pada saya beberapa tahun lalu. Awal kerja, bos saya yang orang Korea Selatan itu doyan ngegame, ngerokok dan juga ngopi. Untung ruangannya di atas, jadi saya dan teman kerja bebas dari namanya asap rokok. Untuk kopi hampir setiap hari minta dibikinin. Apalagi ketika teman-temannya datang, langsung deh panggil saya naik dan buatin kopi.

Untung orangnya simpel. Cukup pakai kopi instan sehingga tidak harus menakar jumlah berapa kopi dan gulanya. Airnya pakai teko listrik, panasin sebentar kelar. Ngaduknya searah jarum jam. Kebiasaan aja sih biar agak lama ngerjainnya, ahahaha.

Sebenarnya yang bikin deg-degan itu saat ngasih kopinya. Takut sama Pak Bos sih enggak. Cuma kadang beliaunya pas ngomong cepet banget. Saya kuatir loading lama aja otaknya. Jadi ketika kopi jadi dan sudah di nampan, saya doain dulu pakai bismillah, solawat nabi juga. Biar saya sendiri yang tenang dan enggak grogi.

Sejauh saya bekerja sama beliau, tidak ada komplain tentang kopi. Walau tidak suka, toh buktinya saya bisa dan mau bikin kopi. Mungkin sekarang di sana ada Mesin kopi. Pegawainya yang bertahan kan cuma satu. Jadi biar enggak ributin pegawai setianya yang lagi sibuk buat invoice, punya mesin bisa sangat membantu saat ingin ngopi.

Pixabay
Sebenarnya saya tidak punya pengalaman buruk yang mengakibatkan tidak mengkonsumsi kopi. Saat kecil orangtua saya melarang minum kopi. Katanya biar tidak ketagihan. Saya sih nurut saja ya. Lagi pula dulu itu wedang kopi hanya diminum Bapak-bapak kalau lagi jagongan. Enggak baik kalau anak kecil ikut nimbrung ngobrol orang tua.

Tidak minum kopi bukan berarti tidak menikmati buah kopi. Saya justru suka banget manjat pohon kopi lalu ngemutin buahnya. Bau bunganya kaya bunga melati, wangi banget. Tapi buah kopi petikan dikonsumsi sendiri ya. Cara buat manual itu begini:


  • Buah kopi yang matang dikupas
  • Keringkan biji kopi
  • Sangrai biji kopi kering sampai menghitam
  • Tumbuk kopi sampai halus
  • Seduh kopi dengan gula sesuai selera

Nutrisi Kopi yang harus kalian tahu:

  • Riboflavin (Vitamin B2): 11% dari AKG
  • Asam pantotenat (vitamin B5): 6% dari AKG
  • Mangan dan Kalium: 3% dari AKG
  • Magnesium dan Niacin (B3): 2% dari AKG

Manfaat kopi juga banyak diantaranya:

  • Meningkatkan stamina dari kandungan kafein bantu bikin badan lebih segar
  • Menjaga kesehatan mulut karena ada zat anti bakterinya
  • Ampas kopi bisa buat masker dan bikin kencang wajah
  • Meni pedi pakai ampas kopi juga oke

Minum kopi dalam sehari baiknya dibatasi juga. Dua kali sehari cukup dan kalau bisa tidak minum saat malam hari. Jika perut kosong, baiknya tidak langsung ngopi.

Mau kopi atau apapun bisa bermanfaat banyak jika takaran dan penggunaannya tepat. Kalau dipakai atau dikomsumsi secara berlebihan, jadinya malah bikin penyakit. Kaya mandangin kamu lama-lama enggak bisa move on, hihihi.

Kalian suka ngopi? Kopi favoritnya yang kaya apa? Buat sendiri, instan atau pakai mesin kopi? Berapa kali ngopi dalam sehari? Atau jangan-jangan enggak doyan kopi kaya saya? Share yuk!

Sampai jumpa. Happy blogging!

17 komentar:

  1. Aku suka kopii :D
    Tapi belum coba masker kopi nih. Bikin kulit halus yaa katanya?

    BalasHapus
  2. aku suka minum kopi dan suka baunya. jadi pingin coba masker kopi juga. kalau di RS, kopi juga dipakai untuk mengurangi rasa bau pada luka lho, mbak

    BalasHapus
  3. Aku ga suka kopi sama sekali :(
    Tapi ada memori masa kecil kalau aku suka makan roti tawar yang dicelupin ke kopi ayah, cuma kalau disuruh lagi ga maauuu hahah

    BalasHapus
  4. Krn ga punya mesin kopi, jdnya buat manual deh dgn kopi instan hehe. Btw, br tau kl kopi bs jaga kesehatan mulut :)

    BalasHapus
  5. Ngemut biji kopi gimana rasanya, Jiah?
    Malah gak bisa move on doonk yaa...? hehhe...gak bisa tidur maksudnya.

    Aku suka kopi.
    Yang bikin gak suka adalah kesudahannya.

    Jadi kebelet teruuuusss....secara Bandung dingin. Kalo diminumin yang manis-manis, gak bisa istirahat dengan tenang...
    Ada tuuh semalem 4-5 kali pingin nyetor teruuuss...hiiikks~~

    Jadi aku ngopi nya siang.
    Hhahah...teteup~

    BalasHapus
  6. aku juga kadang malah ngantuk kalau minum kopi. dan yang paling aku suka dari kopi itu justru aromanya, makanya kadang beli kopi cuma buat menghirup aromanya :D

    btw, itu manjat pohon kopi pas umur berapa mbak? soalnya seingatku pohon kopi itu batangnya nggak gede-gede amat.

    BalasHapus
  7. Saya biasa saja minum kopi, suka tidak, tidak suka tidak. Kalau terpaksa minum, ya bisa aja. Hehe.

    BalasHapus
  8. haha aku sih barusan punya mesin kopi nescafe dolce gusto, jadi ngopi ngopi juga dirumah walau ngga kpi item, tapi kopi susu ala capuccion dan kawan-kawan

    BalasHapus
  9. Saya suka kopi. Tapi emang ga ada ngaruhnya sama ngantuk.

    Emm. Sehari dua tiga kali.

    Itu ngemut biji kopi rasanya gimana?

    BalasHapus
  10. Kalau kopi biasanya saya roasting sendiri, jadi berasa rasa dan aroma biji kopinya. Memang harus dibatasi konsumsinya, kopi favorit saya kopi dari Papua.

    BalasHapus
  11. ku minum kopi sehari bisa dua mug sih. biasanya ngga ngaruh sama ngantuk. emang udah kebiasaan aja. jadi ya ngopi buat happy bukan buat melek hehehe. temennya cheese cake biar double happynya

    BalasHapus
  12. toss jiah, saya jg nggak suka kopi, apalagi almh ibu saya dulu pasien gagal ginjal kronis..

    jd saya lebih suka air putih dibanding teh, kopi, sirup dll nya

    BalasHapus
  13. Saya suka kopi namun enggak boleh minum jadinya saya sekarang enggak minum kopi kecuali butuh. Misal butuh kafein karena sakit kepala, daripada minum obat saya lebih milih minum kopi.

    Oh iya, kalau kopi sachet Emang enggak ngaruh sama ngantuk. Karena kandungan kopinya dikit banget. Hehehe

    BalasHapus
  14. Bener banget menurut saya juga kopi bikin ngantuk ntah sugesti atau apa ya mba.

    Aneh sih memang kata orang kok bisa bikin tahan lama taunya tidak malah tidur tidur juga

    BalasHapus
  15. Mba jiah saya juga bukan penyuka kopi apalagi kopi lover, tapi sama sepeti mba saya suka memnajat dan memetik kopi. Aroma kopi yg baru dibuat itu segar dan bikin bersemangat...

    Waktu di rumah dulu saya suka bikinkan kopi untuk bapak. Katanya kopi buatan saya enak. Sekaramg asyik ya mba ada mesin pembuat kopi, makin memanjkan kopi lover deh

    BalasHapus
  16. Maaf komennya kelewat :( huhu...
    Aku suka kopi, yg sachetan instan ataupun yang di coffee shop. Enak, bikin seger. Aku baru lihat, orang minum kopi tapi ngantuk. Ajaib banget kamu mbak. Hahaha...

    BalasHapus
  17. Ass Numpang baca ya mbak...
    minum kopi....? huenaaak

    BalasHapus