Minggu, 26 Februari 2017

# Kursi Kereta # Tips

5 Langkah Cerdik yang Perlu Kita Ketahui Saat Memilih Tempat Duduk di Kereta Api

Bismillaahirrahmaanirrahiim....

Sebagian besar orang mengandalkan kereta api untuk urusan pekerjaan atau pulang kampung dibanding kebutuhan wisata rekreasi yang terbilang lebih sedikit. Jadi, bisa dikatakan bahwa pemilihan kereta api mungkin memang masih berdasarkan kebutuhan, sehingga seringkali orang-orang tidak memikirkan banyak hal saat menaikinya. Biasanya, orang-orang hanya memikirkan cara beli tiket murah dan sampai tujuan dengan aman, iya kan?


Padahal, jika kita menaruh perhatian lebih saat merencanakan perjalanan dengan kereta api, ternyata kita bisa merasakan perjalanan yang lebih nyaman. Siapa tahu nantinya bisa membuat kita jatuh cinta untuk terus-menerus menggunakan moda transportasi ini.

Tahun 2017 ini adalah salah satu perhatian utama saat naik kereta adalah pemilihan tempat duduk. Banyak orang berpikir bahwa setelah mendapat tiket, tak jadi masalah jika ingin duduk di mana pun dalam kereta. Padahal, kereta api juga punya spot-spot duduk tertentu yang bisa membuat perjalanan kita terasa sangat sempurna. Untuk itulah, 5 langkah cerdik berikut ini akan dibongkar khusus untuk kamu:


  • Pilih kursi sesukanya dengan pesan tiket online
Untuk memastikan kita mendapat tempat duduk sesuai keinginan, pesanlah tiket kereta api via online. Pemesanan online menyediakan layanan pemilihan nomor tempat duduk sendiri dan melihat langsung denah tempat duduk dari kereta api yang kita inginkan. Saat ini, pemesanan tiket kereta api online turut dilayani oleh Traveloka.com yang juga melayani booking tiket pesawat terbang dan hotel dengan sangat mudah, cepat, praktis, dan aman. Info lengkapnya bisa kamu lihat di link berikut ini: https://www.traveloka.com/kereta-api

Sebelum memilih kursi, hal pertama yang harus kita lakukan adalah menentukan kelas penumpang karena setiap kelas memiliki pengaturan dan jenis tempat duduk yang berbeda. Untuk kenyamanan sempurna, kita bisa memilih kereta api kelas Eksekutif. Kereta ini menyediakan kursi penumpang layaknya di pesawat terbang, yaitu reclining seat dengan sandaran kepala yang bisa dimiringkan dan diputar agar saling berhadapan dengan kursi belakangnya. Tempat duduk berupa sofa ini berbentuk satuan yang dilengkapi bantal dan selimut gratis serta pijakan kaki. Ada pula meja lipat pada beberapa jenis kereta Eksekutif ini.

Sementara itu, untuk kelas Bisnis dan Ekonomi, bentuk kursi penumpang memanjang dan dilapisi kulit (1 kursi untuk 2-3 orang, tergantung kelas) dengan sandaran tegak yang tidak bisa dimiringkan. Bedanya, kursi penumpang kelas Bisnis masih bisa diputar, sedangkan kursi kelas Ekonomi sudah paten dibuat saling berhadapan serta jarak antar kakinya lebih sempit.


  • Jauhi bordes untuk ketenangan selama perjalanan
Perlu diketahui, bordes merupakan area kecil penyambung antar-gerbong kereta api, di mana toilet penumpang berada. Umumnya, orang senang duduk dekat toilet atau pintu keluar masuk saat naik kendaraan umum. Khusus saat naik kereta api, sebaiknya kita menjauhi bordes dengan duduk selain di deretan kursi paling belakang atau paling depan. Duduk dekat bordes membuat kita mudah terganggu lalu lalang orang ke toilet, termasuk aroma toilet yang terkadang bisa menyebar keluar saat pintu dibuka dan kebisingan saat orang membuka pintu.


  • Baris tengah pastikan kondisi lebih stabil
Karena kereta api berbentuk memanjang dan berjalan di atas susunan rel, maka perjalanan dengan angkutan massal darat ini akan dipenuhi getaran, hentakan, dan goyangan. Berdasarkan ilmu fisika, getaran, hentakan, dan goyangan benda berbentuk memanjang akan semakin kencang pada kedua ujung dan semakin teredam di bagian tengah. Oleh karena itu, jika kita ingin merasakan duduk tenang, bahkan tidur nyenyak sepanjang perjalanan, pilihlah tempat duduk yang berada di baris tengah, terlepas dari apa pun kelas kereta yang kita naiki.


  • Cari tahu arah matahari saat naik kereta ekonomi siang
Kereta api memiliki jendela di setiap baris tempat duduk penumpang. Jendela ini bisa ditutup tirai pada kereta api kelas Eksekutif dan Bisnis. Sementara itu, kereta api kelas Ekonomi tidak memiliki tirai pada jendelanya. Jika kita mengambil waktu perjalanan siang dengan kereta api kelas Ekonomi, tentunya sinar matahari yang menyorot saat sedang terik-teriknya bisa mengurangi kenyamanan. 

Oleh karena itu, pahami dulu rute perjalanan untuk bisa mengetahui arah datangnya sinar matahari. Dengan begitu, kita jadi tahu harus menghindari kursi yang mana saat membeli tiket kereta. Misalnya, jika kita melakukan perjalanan dari Jakarta ke kota-kota sebelah timur, seperti Surabaya dan sekitarnya pada pertengahan tahun, saat itu posisi matahari sedang berada di utara. Itu tandanya, kita disarankan memilih tempat duduk di sebelah kanan yang tak langsung terkena paparan sinar matahari.


  • Duduk samping jendela untuk perjalanan lebih berwarna
Duduk di samping jendela memberikan banyak keuntungan. Pertama, pastinya pemandangan cantik tak terbatas bisa kita nikmati dengan leluasa. Kedua, ruangnya lebih lega karena kita bisa merebahkan kepala ke jendela. Ketiga, tepat di samping jendela terdapat meja kecil untuk meletakkan gelas dan menyolok listrik.

Begitulah 5 Langkah Cerdik yang Perlu Kita Ketahui Saat Memilih Tempat Duduk di Kereta Api. Bagaimana dengan kalian? Share yuk!

Sampai jumpa. Happy blogging!

7 komentar:

  1. Di samping jendela yg paling kusuka. Tapi kalo ada anak2 pasti nggak bisa, udah diserobot ma mereka hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Liat dr jendela itu sesuatu bgt hehehe

      Hapus
  2. Saya baru sekali sih naik kereta, tempat yang paling enak adalah tempat yang deket jendela dan deket kamar kecil.

    BalasHapus
  3. udah lama aja ngga naik kereta api :)

    BalasHapus
  4. Aeh, ternyata aku baru tahu. ngga pernah milih-milih tempat duduk, seadanya aja dan senyamannya aja hehehe

    BalasHapus